Sungguh malang jadinya, jika blog yang kita rawat bagai bayi tiba-tiba banyak konten menghilang dari peredaran search engine, akibatnya ya tahu sendiri, jika kita mengandalkan source visitor blog dari search engine, alamat blog akan menjadi sunyi sepi tak seperti biasanya. Pukulan teramat telak terutama bagi empunya blog yang sudah terlanjur memonetize webnya dengan maksimal sebagai sumber pendapatan. Ini adalah salah satu website yang ranking di google turun drastis klik disini






Akhir-akhir ini search engine Google (sebagai search engine utama) di dunia internet sedang getol-getolnya mengangkat citranya sebagai pemain utama di dunia maya, rupanya si eyang ini ingin memberikan performa yang terbaik di semua produknya entah adsense ataupun search engine. Blog-blog asal jadi (seperti punya saya ini juga), blog duplikat konten, asal Copas, AGC banyak terbabat dari peredaran Google Adsense. Begitupun keganasan Google Dance Panda, Sandbox dan yang terakhir Google Penguins, tanpa basa-basi menghempasakan blog-blog yang tidak mematuhi kriterianya. Algoritma filter search engine Google memang unik dan susah untuk kita mengerti, kinerja mesin yang terkadang membuat kita bingung, algoritma search engine google bisa mendekteksi alfabet huruf vokal dan konsonan mana yang mempunyai keterkaitan dengan konten dan tag yang direlease, intinya bisa mengintepretasikan logika manusia menjadi algoritma yang dimengerti mesin. Maka jangan heran jika search engine ini sangat membeci berbagai macam spam, bots dan berbagai teknik blackhat SEO yang anda terapkan.
Algoritma baru Google Penguin tak kalah seramnya menenggelamkan banyak blog, sehingga traffic visitor blog turun drastis dari peredaran. Beberapa sumber mengatakan, berdasarkan penelitian dan evaluasi dan sumber paling utama adalah dari webmaster tools google sendiri, banyak blog yang tekena dampak algoritma Google penguin, Berikut adalah faktor-faktor penyebab blog terkena dampak Google Penguins yang menjadi penyebab traffic-visitor blog turun drastis   :
Hidden Text .
Adalah Teks yang dengan  sengaja disembunyikan oleh si empunya blog sebagai bentuk spaming oleh algoritma google panda. Hidden text biasanya dilakukan oleh blogger dengan  memberikan warna sama dengan warna background template blog pada teks tertentu yang mengandung keyword, hal ini  dikategorikan sebagai  blackhat seo.
Hidden Links .
Teknik ini sebenarnya sama dengan teknik Hidden Text, yaitu menyembunyikan links dengan cara memberi warna background template blog, dengan cara ini link tersembunyi tersebut dapat menjebak pengunjung untuk tidak sengaja melakukan klik situs yang tidak diharapkannya. Hal ini tentu saja juga dianggap sebagai spaming oleh algoritma Google Penguin, dan memvonisnya  sebagai salah satu ciri webspam.
Keyword Stuffing .
Dalam teknik optimasi SEO, kita sering salah kaprah dalam menerapkan keywords density, kepadatan keyword tidak diimbangi dengan kosa kata yang fresh, akan tetapi kita sering terjebak dengan pengulangan-pengulangan kata atau kalimat dengan maksud untuk menembak keywords targeting.
Akan tetapi algoritma search engine google memberi batasan khusus bila upaya optimasi melalui penyebaran keyword yang kita jalankan terlalu berlebih, google akan langsung menganggapnya sebagai tindakan spam, hadoooh serba salah ya gan, memang selain melanggar guidlines webmaster google, pengulangan-pengulanan kata dan kalimat pada konten atau artikel  dari sisi tata bahasa menjadi aneh dan tidak perlu.
Irrelevant Keywords.
 Yaitu teknik blackhat SEO dengan cara membuat keyword yang tidak relevan dengan isi konten atau artikel dengan maksud untuk memanipulasi pengunjung dan spider bot. Agar blog tidak dianggap sebagai webspam oleh Google Penguin.
Cloaking  atau Sneaky Redirect .
Untuk suatu situs yang menerapkan praktek sneaky redirect dan cloacking sesungguhnya sangat merugikan pengunjung blog kita, pada dasarnya pengunjung ingin masuk dan membaca halaman blog kita namun disisi lain ketika mereka mendatangi situs ternyata mereka dialihkan ke suatu halaman lain yang tidak diinginkan. Baik manusia maupun spider bot sangat membenci situs semacam ini karena itulah algoritma Google Penguin akan gencar memberi penalti bagi situs menerapkan teknik ini.
Doorway Page .
Adalah teknik blackhat SEO dengan cara mengelabui mesin pencari dinmana pada satu artikel banyak menyajikan keyword dengan script tertentu (pengunjung tidak dapat melihat keyword ini, hanya spider bot), mungkin mirip-mirip teknik yang di gunakan pada blog AGC (Auto Generate Content). Halaman dengan teknik ini praktis hanya diperuntukkan bagi search engine, bukan manusia, anda akan sebal jika menemui konten blog seperti ini dimana yang anda cari adalah artikel, kenyataanya anda hanya akan di bawa berputar-putar saja. Halaman konten ini hanya menyajikan muatan content yang minim dan kurang berkualitas sehingga menjadikan teknik ini sebagai salah satu teknik Blackhat SEO yang melanggar aturan Google.
Duplicate Content .
Teknik ini akan menjadi salah satu teknik yang dikategorikan kedalam ciri webspam oleh google penguin. Dimana duplikat konten biasanya bisa dilakukan secara sengaja, akan tetapi bisa juga terjadi karena tidak sengaja. Blog yang dikategorikan mengandung duplikat konten adalah jika pada blog kita terdapat beberapa Artikel yang sama atau hampir mirip antara yang satu dengan lainnya .
Link Spam .
Membuat internal link building yang akan memberikan link keluar kepada artikel kita yang lain adalah termasuk teknik SEO On page yang sangat umum, untuk menguatkan internal link building, namun jangan salah link keluar ke artikel kita harus relevan dengan artikel yang memberi link tersebut. Dimana jika sampai terjadi konten setiap halaman kita banyak link keluar yang tidak relevan dengan link konten artikel asal, maka algoritma Google Penguins menganggapnya sebagai bad link. Lebih parahnya algoritma Google Penguin menjadikan content blog yang memuat link yang tidak relevan dengan link keluarnya sebagai contentspam, jadi dobel begitu.  Selain faktor tadi  link-link yang mengarah  keluar dari halaman yang kita arahkan kepada situs-situs porno dan situs-situs yang mempunyai malware (virus), hijacking dan cracking biasanya juga akan mendapatkan incaran.
Query Otomatis ke Google .
Yaitu blog yang menjalankan script otomatis dengan memunculkan konten hasil pencarian terutama dari search engine Google, dapat diartikan merugikan pengunjung blog dan tentunya melanggar hak cipta google sendiri. Misalnya blog-blog AGC dan Auto Content.
Program Affiliasi .
Update TOS ini sekitar pertengahan Desember 2011 - mengisyaratkan pada blog/ situs yang mengikuti program affiliasi dihimbau agar menyajikan content yang lebih informatif dan relevan kepada pengunjung agar terhindar dari penalti google. Maksudnya agar pemilik blog yang mengikuti program affilasi pada blognya agar lebih memperbanyak konten yang lebih memberi nilai bagi pengunjung, tidak sekedar konten yang berisi artikel dengan tujuan review produk yang bertujuan untuk mencari uang tanpa memperhitungkan kualitas setiap halaman.
Mengandung Virus dan Sejenisnya .
Google Penguin menganggap  situs yang mengandung virus, malware, trojan dan sejenisnya sebagai webspam yang pantas untuk dihempaskan, karena jelas merugikan pengunjung karena itu bila blog kita terindikasi mengandung virus entah itu disengaja maupun tak sengaja, pihak Google dapat memberi hukuman langsung pada blog kita bila tidak segera diatasi.
Link Berbayar Algoritma Google Penguin dapat mendeteksi blog yang mengandung link-link berbayar, bila Google mengetahui kita menjual dan membeli link. Melalui algoritma barunya, Google akan langsung memberikan hadiah penalti berupa Google Penguin.
Penyebab traffic-visitor blog turun drastis , selain algoritma google penguin yang relatif baru, efek dari algoritma google panda yang memasukkan blog anda masuk ke sandbox juga masih berlaku, jadi mekanismenya isi konten blog anda akan di filter oleh algoritma google panda, jika ditemukan pelanggaran-pelanggaran maka blog sampeyan akan terkena dampak goyangan google dance selanjutnya akam masuk kotak google sandbox. Akibatnya sungguh menyedihkan jika blog anda sudah masuk di google sandbox, search result tidak akan memunculkan link dan keyword dari blog anda sama sekali. Blog anda sudah masuk kotak. Anda pantas mengibarkan bendera setengah tiang untuk ini, walaupun anda masih berkesempatan untuk memperbaiki kesalahan dan pengaduan, serta memohon ampunan di halaman considerations webmaster tools google, anda akan membutuhkan kesabaran dan perjuangan keras untuk keluar dari kubangan google sandbox.
Adapun faktor-faktor yang dapat mengakibatkan blog anda terkena razia algoritma google panda, lalu digoyang google dance dan masuk google sandbox adalah karena keslahan-kesalahan berikut ini :
Blog anda jelas terlalu banyak mengandung konten Copy-paste alias mayoritas bukan unik konten atau original konten. Sebisa mungkin gunakanlah teknik copy-edit, jangan copy-paste jika kita kurang mahir menulis original.
Melakukan Cloacking.
Konten yang tidak bagus dan berkualitas, parameter konten yang bagus menurut guidlines google adalah adalah konten yang memuat banyak kosa kata dan kalimat yang fresh, bukan kalimat yang diulang-ulang untuk sekedar menembak keyword, akan tetapi artikel yang memberikan rich experience pada pengunjung, sehingga menambah pengetahuan dan manfaat bagi pembacanya. Matrik detector Google memang unik, kerja mesin yang seolah dapat mengolah logika manusia.
Google robots ternyata dapat mendeteksi durasi visitor pada halaman anda, jadi terang saja pengunjung yang jumlahnya ratusan atau ribuan perhari hanya sekejap lalu pergi langsung dianggap berasal dari traffic exchange jadi bukan pengunjung dari manusia, efeknya jelas dalam jangka waktu tertentu akan berpengaruh terhadap SERP. Hati-hati yang menggunakan teknik traffic exchange dengan iming-iming menaikkan alexa rank secara cepat ..
Google juga sangat mengawasi adanya out-bound link dan in-bound link baik on-page maupun off-page, jika anda rajin menggunakan optimasi jenis ini silahkan hati-hati, kuncinya adalah relevansi antar link-link tersebut, jika link masuk dan link keluar yang anda tanam asal-asalan, jangan salah jika dianggap spaming dan ini melangar violations dari google webmaster guidlines, blog anda bisa terjerat google panda dan masuk sandbox.
Yang terakhir kurangi script iklan dalam blog anda, jika anda memonetize blog sampeyan pasanglah script iklan yang proporsional tanpa mengurangi tampilan dan mengganggu pengunjung. Hal ini juga menjadi pertimbangan robot google.
Itulah beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung blog alias traffic-visitor pada blog anda turun drastis dari biasanya, jika tidak segera dilakukan perbaikan-perbaikan, akibatnya bisa masuk ke sandbox. Ada baiknya setiap optimasi blog untuk meningkatkan SERP kita lakukan dengan wajar dan selalu mematuhi arahan dari webmaster tools dan guidlines Google. Semoga bermanfaat.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

1 comments:

  1. terimaksaih. blog saya baru saja menghilang dr peredaran

    ReplyDelete