Internet memang merupakan tempat yang sangat berbahaya, karena setiap harinya ribuan cyberattack terjadi kepada ribuan website yang tersebar di seluruh dunia. Tapi sepertinya kamu akan bisa memantau semua cyberattack yang terjadi tersebut langsung secara real-time.
Sebuah perusahaan telekomunikasi Jerman, Deutsche Telekom telah mengembangkan sebuah website yang memperbolehkan pengguna internet
memantau cyberattack secara langsung. Website yang beralamat Sicherheitstacho.eu memperlihatkan setiap serangan hacker yang dilakukan di sebuah website, termasuk waktu serangan, asal serangan dan target dari serangan tersebut.
Sicherheitstacho menyajikan sebuah peta yang nantinya akan menunjukan lokasi serangan setiap detiknya. Deutsche Telekom memperbolehkan perusahaan lain mengumpulkan data dari situs tersebut untuk dianalisa atau dipelajari.
Jika dilihat, Rusia menjadi negara dengan cyberattack terbanyak dengan jumlah 2,4 juta serangan sejak bulan Februari 2012 lalu, kemudian disusul Taiwan dengan 900 ribu serangan, dan diposisi ketiga adalah Jerman dengan 780 ribu serangan. Untungnya Indonesia tidak masuk dalam list tersebut, hal ini menandakan cyberattack di Indonesia masih minim atau relatif kecil, tidak seperti negara maju lainnya.
Data yang diperoleh Sicherheitstacho berasal dari 97 jaringan Honeypots, sebuah organisasi nirlaba yang memantau spam dan cyberattack di internet. Ini membuat situs tersebut hanya bisa mendeteksi serangan pada website atau server yang termasuk dalam jaringan honeypots, dan tidak dapat memantau semua cyber attack yang terjadi di seluruh dunia.
Deutsche Telekom rencananya masih akan terus mengembangkan situs tersebut sehingga dapat menghadirkan data yang lebih lengkap dan menyeluruh dari setiap cyberattack yang terjadi di seluruh dunia.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: