CALIFORNIA-- Angkatan Laut Amerika Serikat meluncurkan perangkat pembaca dokumen khusus atau e-reader, dengan fitur keamanan tinggi bagi para tentaranya.

Di sebut Navy eReader Device (NERD), e-reader ini tidak akan memiliki port wi-fi ataupun akses roaming data yang memungkinkan musuh untuk mengetahui posisi kapal laut Amerika.

Saat ini personel kapal selam yang akan menerima perangkat ini untuk pertama kalinya, jelas Nellie Moffitt, Manajer Program Perpustakaan AL Amerika.

Laman BBC menyebutkan, selama ini gadget e-reader tidak diizinkan digunakan ketika pelaut berada di lapangan. Pasalnya, fitur GPS, wi-fi dan roaming data mereka dapat memberikan posisi strategis kepada musuh.

NERD disebut mampu mengatasi masalah itu sehingga lebih aman di gunakan personel AL ketika menghadapi tugas berbulan-bulan di lautan. Namun, dengan tiadanya fitur akses internet, maka penambahan koleksi buku bacaan pun harus dilakukan secara manual.

NERD sendiri diisi sekitar 300 buku populer dan spesifik disesuaikan dengan kebutuhan personel. Ebook itu dipilih dari Program Perpustakaan Umum AL Amerika yang menyimpan 108 ribu koleksi buku. (esy/jpnn)
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: