Sebelumnya untuk download dokumen yang ada di scribd sangatlah mudah dan tentunya gratis, tanpa register sekalipun bisa dengan cara yang ada disini. Namun sekarang tidak semudah itu, pihak scribd telah menempatkan dokumen-dokumen tersebut dalam arsip scribd, dan kita harus membayar untuk mengunduhnya.
Rupanya pihak penglola scribd.com kewalahan dengan biaya server yang semakin tinggi, sedangkan pemasukan tidak sebanding dengan kebutuhan server untuk menampung dokumen dari user. Inilah titik permasalahan yang cukup klasik, masalah uang uang dan uang. he he. Akhirnya scribd mengkomersilkan situs ini.

Sebenarnya tidak 100% komersial sih, kita masih bisa membaca dokumen-dokumen yang ada di situs itu secara online dan gratis, namun jika ingin mendownloadnya kita harus berlangganan arsip atau "Archive Subscription" istilah yang mereka gunakan. So yang bisa download hanya orang yang sudah berlangganan saja. Untuk berlangganan arsip inilah scribd mengenakan biaya. Tersedia paket langganan (kayak operator aja) satu hari, bulanan bahkan tahunan.
Namun permasalahannya terkadang kita lebih nyaman membaca ebook secara offline apalagi kalo dokumen yang kita baca jumlahnya ratusan halaman. #nambah stress ajah :). Dilain pihak untuk keperluan referensi, rasanya kurang efektif jika referensi tersebut diakses berulang-ulang secara online, diperparah lagi untuk membuka satu halaman scribd sangat lama, tidak cocok bagi yang fakir koneksi seperti saya, harus bayar lagi, hadeeewww cape deeh, harusnya orang yang upload dokumen ke scribd juga dibayar tuh.
Ada beberapa pernyataan resmi dari pihak scribd tentang permasalahan ini, berikut ulasannya.
Menurut scribd:
Setiap hari ribuan dokumen di upload ke Scribd termasuk laporan penelitian, buku-buku best seller, berita dan lain lain. Mereka menyadari bahwa scribd sekarang telah menjelma menjadi salah satu perpustakaan online terbesar bahkan menyaingi beberapa perpustakaan besar dan lembaga lembaga lain di dunia.
Dengan fakta yang ada, logis rasanya jika kebutuhan server untuk menyimpan ribuan dokumen perhari semakin membengkak. Sedangkan "mungkin" pemasukan dari situs tidak bisa menutup biaya tersebut ato memang pengelola scribd pengen kaya raya kayak si mark zuckerberg?
Jadi setelah beberapa waktu dokumen di upload oleh user, dokumen ini akan ditempatkan pada apa yang mereka sebut arsip scribd (mungkin dokumen yang belum lama di upload masih bisa di download, sebab belum dimasukkan ke dalam arsip). Dokumen yang ada di Scribd Archive ini masih dapat dibaca gratis secara online, namun jika hendak mengunduhnya kita akan disuguhi form pembayaran seperti gambar di awal.
Kok perlu langganan sih untuk download?
Ini pernyataan resmi dari scribd:
Kami akan sangat senang untuk terus menawarkan download gratis, namun penyimpanan, bandwidth dan sumber daya lain yang dibutuhkan untuk menyediakan download dokumen sebenarnya sangat mahal. Langganan Arsip Anda membantu kami membayar biaya-biaya dan menjaga situs Scribd tetap gratis. Meskipun kita sekarang memerlukan langganan untuk download dari Arsip Scribd untuk dapat dibaca secara offline, Anda selalu dapat membacanya secara gratis di Scribd.
Tuh bener kan kata saya, masalah klasik, uang uang dan uang. Kalo alasan ini memang jujur (bukan karena ingin memperkaya diri), sepertinya scribd sedang mengalami goncangan keuangan, dan keputusan ini untuk menyelamatkan situs scribd dari kehancuran. semoga.
Kesimpulan
Dari keterangan di atas telah jelas, untuk mengunduh dokumen harus bayar dulu. Scipt downloader dan trik trik yang dulu pernah dibuat, sepengetahuan saya sudah tidak bisa (kecuali ada trik baru). Bahkan trik sederhana seperti download menggunakan situs mobile dengan format seperti http://www.scribd.com/mobile/documents/82186108 ketika menekan tombol download akan diredirect ke halaman utama dokumen tersebut.
Namun saya yakin banyak orang orang kreatif diluar sana, yang siap memutar otak 24 jam sehari untuk mencari celah agar bisa download secara gratis. Secara logika halamannya saja bisa ditampilkan secara online pasti ada cara lain untuk mendownloadnya, sayang saya belum menemukan trik itu. Jika anda punya triknya? silahkan share disini, berbagi itu indah. :)

Lebih jelasnya langsung baca di halaman Support
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: