Apakah semua konten yang ada di seluruh dunia diindeks oleh mesin pencari Google ? Sebelum menjawab coba jawab pertanyaan ini. Apakah semua konten yang ada di internet membawa manfaat bagi manusia ? Banyak website yang mengoptimalkan untuk mesin pencari saja tanpa menghiraukan manfaatnya bagi umat manusia, padahal mereka menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dengan alasan tersebut pulalah maka tidak semua website yang terindentifikasi sebagai web spam akan dimasukkan dalam kotak google panda yang tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google. Tindakan mencurangi algoritma google ini merupakan salah satu bentuk spam. Lalu apa spam itu ?
Kalau kita merujuk ke wikipedia, yang dimaksud "spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendari oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming".
Dalam kaitannya dengan mesin pencarian, web spam disebut juga spamdexing yang mana spamdexing merupakan singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing dapat dilakukan dengan memanipulasi dan memodifikasi halaman HTML agar bisa muncul dalam daftar teratas hasil pencarian mesin pencari.
Teknik-teknik spamdexing sudah diketahui oleh mesin pencari-mesin pencari modern, sehingga mereka pun memperbaharui algoritma mesin pencarian agar web yang menggunakan teknik spamdexing tidak muncul di daftar hasil pencarian. Jika ketahuan menggunakan teknik-teknik spam, konsekwensinya website tersebut akan hilang dari daftar hasil pencarian rugi kan ?!

Perang melawab web spam
Berapa banyak web/blog spam yang diciptakan setiap hari. Mesin pencari Google melawan dan menyingkirkan web spam melalui kombinasi algoritma komputer dan review secara manual terhadap keberadaan web/blog. Hal ini untuk memastikan bahwa Google tidak menempatkan web yang tidak selayaknya.
Situs spam berusaha untuk menghindari celah algoritma google agar bisa tampil di puncak hasil pencarian. Beberapa teknik web spam yang sering dipakai alah pengulangan kata kunci yang tidak wajar/tidak relevan, membeli link dari situs ber PageRank tinggi agar dikira kredibel oleh mesin pencari, menempatkan tulisan yang tidak terlihat pengunjung dengan menyamarkannya dengan warna background web, web yang membuat konten otomatis seperti autoblog, dll.
Tindakan web spam tersebut tentu saja akan membuat situs yang relevan menjadi turun dalam hasil pencarian dan sulit ditemukan oleh pencari informasi di internet. Untuk memerangi web spam tersebut Google memiliki algoritma khusus yang secara otomatis akan menurunkan peringkat web spam. Karena selain mereview melalui program algoritma, Google juga mereview situs secara manual.

Jenis-Jenis Spam Mesin Pencari
Setelah kita membahas tentang apa itu spam, mari kita lanjutkan dengan belajar mengetahui jenis-jenis spam.
  1. Cloaking dan Sneaky Redirects
  2. Citi utama situs spam yang menerapkan web cloaking adalah menampilkan konten yang berbeda untuk pengguna manusia dari yang ditampilkan di hasil pencarian, atau bisa juga mengarahkan pengguna ke halaman yang berbeda dari yang dilihat Google.
  3. Web Murni menerapkan Spam konten
  4. Situs spam murni memang sengaja dibuat dengan cara menulis kata kunci yang ditargetkan secara membabi buta. Pelanggaran ini dilakukan berulang-ulang sehingga kurang memberikan manfaat pengunjung manusia.
  5. Link yang tidak wajar dari website
  6. Hati-hati sobat apabila mengikuti program pertukaran link, karena bisa-bisa blog sobat dihilangkan dari daftar hasil pencarian google. Ketika terjadi outbound links (link keluar) yang tidak wajar maka google akan mendeteksi situs tersebut sebagai situs spam.
  7. Hacked Site
  8. Google akan menganggap spam situs-situs yang diretas dengan menampilkan konten spam dan link. Untuk kasus ini pemilik situs harus segera mengambil tindakan bersih-bersih situsnya dan meningkatkan keamanan situs.
  9. Menggunakan layanan hosting gratis dan penyedia DNS dinamis
  10. Mesin pencari google akan menganggap spam situs yang dihosting di layanan hosting gratis serta memiliki DNS dinamis yang memiliki sedikit konten bagi pengguna internet.
  11. Inbound Link Yang Tidak Wajar
  12. Kalau dalam kasus diatas ada spam dengan metode outbound yang tidak wajar, pada jenis spam ini suatu situs contohnya situs utama A memiliki situs-situs kloningan yang mengarah ke situs A tersebut dengan cara yang tidak wajar, menipu, atau juga hasil berpartisipasi dalam program pertukaran link.
  13. Teks tersembunyi dan kata kunci tidak wajar
  14. Apabila teks blog sobat online sama dengan warna background blog sobat, maka segera ganti teks yang tidak kelihatan tersebut agar tidak dianggap spam oleh Google. Selain itu pengisian kata-kunci (keywords) yang tidak normal juga beresiko blog/situs dianggap spam oleh Google.
  15. Sedikit konten tanpa ada nilai tambah
  16. Situs-situs yang memiliki sedikit konten dan kurang memberikan manfaat bagi pengguna juga bisa dianggap spam oleh Google, contohnya situs yang cuma berisi daftar afiliasi, menggunakan doorway pages, konten yang dihasilkan dengan program/ software automatically generated content, dan tindakan copy paste konten.
  17. user-generated spam
  18. Suatu situs yang memberikan penggunanya kesempatan untuk melakukan dan mempublikasikan konten. Problem situs ini akan muncul pada halaman forum, halaman buku tamu atau profil pengguna.
  19. Parked domains
  20. Situs yang diparkir tentu saja memiliki sedikit konten unik, dan biasanya Google tidak akan memasukkan mereka dalam hasil pencarian mesin pencari Google.
Itulah jenis-jenis spam yang dipublikasikan secara resmi oleh Google beberapa waktu lalu. Semoga ini bisa menjadi panduan bagi pemilik situs/blog untuk meningkatkan nilai guna situs bagi umat manusia, bukan hanya oleh mesin pencari.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: