Tahukah Anda bagaimana melakukan pemasaran melalui email? Atau mungkin lebih tepatnya Anda merasa seperti sudah seharusnya melakukan strategi pemasaran via email? Bagaimana untuk memulainya? Sebuah “email marketing plan” terdengar begitu rumit, menakutkan, dan memakan waktu. Selain itu, Anda terlalu sibuk menjalankan bisnis daripada untuk berurusan dengan hal seperti itu, bukan?
Anda termasuk orang yang cerdas untuk mengeksplorasi email marketing pada bisnis. Pada beberapa perspektif, pemasaran via email memiliki akun pengguna tiga kali lebih banyak dari pada Twitter dan Facebook. Jika dikombinasikan dengan media sosial, dampaknya akan lebih besar. Apabila digunakan secara cerdas, pemasaran via email dapat meningkatkan ROI juga. Email marketing plan tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Dalam artikel ini, Sribu akan memandu Anda untuk menjalankan langkah-langkah penting, menyoroti studi kasus kehidupan nyata, dan memberikan semua yang Anda perlu tahu untuk memulai membuat email untuk marketing plan.
Langkah 1 : Tentukan Pembaca
Sebelum mulai merancang, menulis, dan mengirim iklan, tentukan audience Anda. Setelah menentukan orang-orang yang akan membaca email Anda, akan lebih mudah untuk memutuskan apa yang harus dikatakan kepada mereka.
Jika Anda sudah memiliki daftar pelanggan, ini saatnya Anda untuk mencari tahu siapakah mereka? Salah satu cara untuk menentukan ini adalah bagaimana cara mereka mendaftar. Jika mereka berlangganan saat melakukan pembayaran, mereka adalah pelanggan. Tetapi jika mereka menemukan Anda melalui website atau di tempat umum (pameran, pameran dagang, dll), mereka tak lebih dari khalayak umum.
Jika belum memiliki pelanggan, lalu siapakah target audience Anda? Bagaimana Anda akan menemukan orang-orang ini, dan apa yang ingin mereka baca di email? Mungkin Anda seorang penerbit atau blogger. Dalam hal ini, pelanggan akan tertarik pada konten Anda. Jika Anda seorang retailer, pelanggan akan ingin tahu tentang produk baru atau bagaimana mereka menjadi lebih baik dalam menggunakan produk yang sudah mereka beli dari Anda.
Langkah 2 : Tentukan Konten Anda
Sekarang Anda tahu dengan siapa bicara, saatnya untuk berpikir tentang apa yang akan dikatakan kepada mereka. Ini adalah tentang konten. Pikirkan tentang mengapa para pelanggan ini mendaftar, kemudian fokus memberikan itu kepada mereka. Hal ini dapat membantu untuk menguraikan jenis konten umum yang tepat untuk membuat email. Kemudian, ketika menyusun newsletter, hal ini akan menjadi referensi yang berguna untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat.
“The Atlanta Rollergirls” mempunyai daftar konten untuk membuat email sebagai berikut :
·         Acara yang akan datang
·         Rekap / foto dari peristiwa masa lalu
·         Postingan di Facebook, Twitter, log
·         Cakupan Berita
·         Derby 101 (suatu pandangan mendalam pada aturan/strategi)
·         Profil
Setiap bulan, mereka memilih 1-4 konten dari daftar untuk membuat promosi. Pikirkan konten tentang apa yang sudah Anda ciptakan. Anda mungkin ingin berbagi/sharing untuk memastikan pelanggan tidak melewatkannya. Sebuah tweet populer, posting Facebook, artikel tentang perusahaan Anda adalah hal yang membuat pembaca mungkin akan menganggap konten tersebut menarik. Pikirkan juga konten tentang apa yang ingin dibuat khusus untuk para pelanggan. Ini merupakan reward untuk mereka karena telah peduli pada apa yang Anda lakukan.
Contohnya adalah“Monkey Wrench” yang merupakan triwulanan “MailChimp” yang menampilkan update app, studi kasus pengguna, dan berita pemasaran via email yang relevan.
Tips untuk membuat dan mengumpulkan konten
Konten adalah bagian paling penting dari newsletter. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat dan mengumpulkan konten menarik untuk membuat email agar sampai ke pembaca:
1.  Perlakukan pembaca seperti VIP
Orang-orang yang berlangganan dengan mendaftarkan email Anda tentu telah memberikan izin kepada Anda untuk mengirimkan email. Hormati izin ini dan coba untuk berdedikasi dengan membiarkan mereka menjadi yang pertama tahu tentang produk baru atau hal baru yang Anda miliki. Berikan mereka akses ke “manfaat khusus” sebagai pelanggan. Retailer pakaian “Billy Reid” berjalan satu langkah lebih jauh dengan mengirim penjualan eksklusif kepada para pembacanya dengan penilaian rating tertinggi.
2 . Jaga agar tetap berguna.
Pikirkan tentang email yang Anda buka dan yang akan dihapus segera. Anda tidak akan membuka email yang tidak menguntungkan. Pastikan isi newsletter Anda memberikan pelanggan sesuatu yang mereka tidak miliki sebelumnya. “Pembaca yang lebih dulu,” kata Peter “Cooper MailChimp”. “Tanpa pembaca setia, Anda memiliki publikasi yang lemah, apakah itu majalah, koran, atau daftar email. Mayoritas newsletter email menghubungkan ke proyek-proyek perusahaan itu sendiri, baik produk dan berita. ”
3.  Tunjukkan perhatian pribadi
Tidak ada yang ingin membaca newsletter yang “garing” dan membosankan. Suntikkan beberapa hal yang memancing perhatian pembaca pada saat Anda membuat email. Kemungkinannya adalah, suara dan rasa humor Anda adalah alasan penting mengapa pelanggan mendaftar. Dan siapa tahu? Mungkin tulisan sederhana dan email lucu Anda akan membantu meningkatkan sejumlah besar uang yang akan masuk ke kantong Anda.
4.  Jaga tetap singkat
Kebanyakan orang dibombardir dengan email setiap hari. Buat newsletter Anda singkat, mudah dicerna, dan to the point. Jika ingin menyertakan sesuatu lagi, gunakan paragraf pertama lalu hubungkan hal tersebut ke sisanya. Biarkan pembaca berkesempatan untuk memindai dengan cepat, jika perlu.
5.  Selalu cari inspirasi
Aplikasi seperti “Pocket”, “Evernote”, dan “Pinterest” baik untuk menyimpan, mengatur, dan mengakses konten untuk digunakan dalam iklan nanti. Selain itu, contoh email-email yang baik dari pelanggan ”MailChimp” dapat Anda jadikan referensi dalam membuat email.
Langkah 3 : Tentukan frekuensi mengirim email dan tujuan Anda
Tidak semua frekuensi pengiriman sama. Beberapa pengguna, seperti “Dave Pell” atau “Quartz”, mengirim setiap hari karena itulah titik konten mereka. Lainnya, seperti “Longreads” atau “roof”, mengirim pada hari Jumat, seperti e-gift kecil untuk akhir pekan.
Pada akhirnya, Anda harus memutuskan apa yang terbaik untuk Anda dan pelanggan dalam membuat email. Kami sarankan kirim email setidaknya secara bulanan. Jangan ragu untuk melewati satu bulan jika Anda tidak memiliki apa-apa yang benar-benar berguna untuk diinfokan. Ingat, konten adalah sesuatu yang harus dipikirkan dan jadi prioritas pertama! Hati-hati supaya tidak melewatkan lebih dari beberapa bulan berturut-turut, karena beberapa pelanggan mungkin akan lupa dan mereka memilih melaporkan Anda sebagai spam. Ingat juga untuk melihat ke depan dan merencanakan sesuatu untuk liburan, acara, dan sejenisnya.
Dari sana, putuskan apa yang Anda ingin dapatkan dari menjalankan email marketing. Apakah ingin meningkatkan traffic ke situs web Anda? Membantu mempromosikan penjualan? Tetapkan tujuan Anda, kemudian lacak kemajuan dari waktu ke waktu!
Langkah 4 : Membuat Jadwal
Tidak semua orang akan mengirim email sesuai jadwal secara teratur, tetapi untuk banyak pengirim, memiliki timeline akan sangat membantu. Jika Anda memiliki beberapa orang yang bekerja dalam tim, pertimbangkan “MailChimp Multi-User Account feature” dan alat-alat kolaborasi lainnya.
Jadwal email-marketing Anda akan bervariasi, tentu saja, tergantung pada industri, jenis konten, frekuensi pengiriman, dan sebagainya. Tapi di sini adalah contoh bagaimana Anda dapat merencanakan iklan:
·         Hari 1: Menuliskan topik konten, ide seni, dasar-dasar untuk newsletter mendatang.
·         Hari 2: Tulis apa yang Anda ingin katakan tentang setiap topik, tarik foto atau gambar ke dalam folder.
·         Hari 3: Login ke “MailChimp” dan buat iklan. Mengoreksi kesalahan dan tata bahasa. Kirim iklan percobaan untuk diri sendiri dan setidaknya satu rekan kerja.
·         Hari 4: Kirim iklan.
 Membuat email tergolong ke dalam marketing plan bukan hal yang sulit kan? Jika Anda belum mempunyai email, segeralah membuat email secara gratis. Untuk lebih mengoptimalkan pemasaran via email ini, akan lebih baik jika Anda juga membuat website bisnis. Anda juga dapat menggunakan jasa desain website agar website terlihat lebih professional. Ini semua tentu akan sangat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!
Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain
·         PELUANG USAHA
·         USAHA RUMAHAN
·         USAHA PENSIUNAN
·         BELAJAR SEO
·         BELAJAR HACKING
·         KAJIAN ISLAM
·         POSTER DAKWAH
·         CARA SHOLAT NABI
·         ARTIKEL HACKING
·         MEMBURU BACKLINK
·         ARTIKEL SEO
·         TOOL SEO
·         INTERNET MARKETING
·         USAHA ONLINE
·         JASA PENJUALAN
Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya
·         BAJA RINGAN
·         RENOVASI RUMAH
·         PERBAIKAN RUMAH
·         JASA KIRIM MOBIL
·         ATAP BAJA RINGAN
·         DAN LAIN LAIN
Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin

Wassalam

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: