Tidak bisa dipungkiri, kini berbisnis di ranah online semakin digandrungi dan diminati. Semakin maraknya pemasaran dan investasi perusahaan berbasis belanja online membuat masyarakat semakin nyaman dan merasa aman berbelanja KAOS DAKWAH secara online.
Kaos Islam Distro
Kaos Islam Distro
Dengan ramainya jual beli secara online, Masyarakat semakin merasa dimudahkan untuk membeli kebutuhan tanpa harus keluar rumah.Hal ini pun menjadi peluang baru yang semakin menarik kita untuk mencoba peruntungan.
Termasuk dalam berbisnis kaos. Permintaan yang selalu meningkat untuk kebutuhan primer tersebut membuat tak sedikit orang yang tertarik menawarkan produknya dengan cara online.
Namun sayangnya, tak sedikit pula yang usaha mereka jatuh dan tumbang di tengah jalan, karena tidak menguasai teknik berbisnis online dengan baik. Tak sedikit pula yang gagal karena merasa sudah mahir di bisnis offline.
Padahal, bisnis online sangat berbeda dengan bisnis offline atau konvensional. Meskipun terlihat mudah, ternyata berjualan secara online membutuhkan teknik-teknik khusus agar mencapai keuntungan yang sesuai dengan harapan.
Berikut kami lampirkan tips atau cara agar sukses berjualan KAOS DAKWAH maupun kaos jenis lainnya secara online.

1. Lakukan Analisa dan Riset Terlebih Dahulu

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan analisa dan riset data di lapangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya yang dicari oleh pasar.
Kebanyakan orang yang mencoba usaha gagal di tahun pertamanya karena mereka menjual apa yang sebenarnya tidak diminta oleh pasar. Dari riset ini Anda bisa mengetahui sebenarnya model kaos seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Cobalah untuk membuat semacam kuisioner sederhana yang dibagikan pada pengguna internet (harus pengguna internet, karena Anda kan ceritanya mau jualan online). Buat pertanyaan semenarik mungkin, dan cari tahu apa sih yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka butuhkan.

2. Tentukan Identitas Perusahaanmu

Setelah menemukan apa sebenarnya yang mereka cari, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan perusahaan model apa yang akan Anda bangun. Okelah kita semua setuju kalau Anda berencana menjual kaos secara online. Tapi dengan model apa Anda menjual kaos?
Apakah Anda ingin berjualan Kaos dengan desain yang sudah  ready stock? Atau ingin fokus berjualan kaos polos dulu? Atau bahkan lebih berhasrat jadi penyedia jasa produksi kaos dengan desain yang custom sesuai kemauan konsumen?
Adalah penting bagi Anda untuk menentukan identitas. Entah ingin memfokuskan sebagai vendor kaos, clothing line, distro atau bahkan clothing market place. Itu semua terserah Anda.
Semua bisa diukur dan disesuaikan dengan passion Anda. Yang jelas untuk memulainya, Anda harus fokus hanya pada satu identitas saja agar bisa memaksimalkan apa yang akan Anda kerjakan.
Ibarat mengejar dua ayam dengan tangan kosong. Percayalah, Anda hanya bisa menangkap salah satunya terlebih dahulu. Saya berani taruhan kalau Anda mengejar dua ayam secara langsung, pasti Anda tidak akan bisa menangkap keduanya sampai kapanpun.

3. Buat Road Map dan Targetan yang Jelas

Luangkan waktu sejenak untuk merenung dan berfikir, kemana arah dan tujuan perusahaan yang Anda mulai. Tentukan apa dan sebesar apa target yang ingin Anda capai.
Tentukan pula berapa lama waktu yang akan Anda tempuh untuk mencapai target tersebut. Tentu saja hal ini dilakukan agar Anda secara jelas mengerti apa yang sebenarnya Anda inginkan dan apa saja yang seharusnya Anda lakukan.
Kebanyakan pebisnis pemula (termasuk pebisnis kaos online) beranggapan “ah, yang penting jalan aja duluYang penting ngalir.” Tak masalah, itu semua kembali pada diri Anda masing-masing.
Yang jelas, dengan adanya target dan road map yang mendetil akan sangat mendukung Anda untuk mencapai kesuksesan yang nyata.

4. Maksimalkan Satu Cara Pemasaran Terlebih Dahulu

Pemasaran adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan. In case of  berjualan kaos secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran melalui online (ya iyalaah). Tapi Anda harus fokus pada satu ranah online terlebih dahulu, agar mampu menguasai pasar dengan cepat dan menghasilkan keuntungan di ranah tersebut.
Misalkan Anda memilih untuk memaksimalkan pemasaran di instagram dulu. Ya fokus saja untuk maksimalkan cara-cara marketing di Instagram. Pelajari ilmunya di banyak artikel yang sudah tersedia di internet.
Benahi profil perusahaan Anda agar menarik. Anda juga harus pelajari teknik dasar untuk mengambil foto yang bagus, karena Anda memilih untuk memaksimalkan instagram terlebih dahulu.
Saat pemasaran kaos Anda di instagram sudah mulai terlihat dan menghasilkan, barulah Anda boleh melirik cara lain seperti twitter ads, facebook ads, SEO, SEM dan sebagainya. Tentu saja, semua cara itu kembali pada analisa pasar Anda sebelumnya.
Tentu beda, demografi antara pengguna facebook, instagram, twitter apalagi Google Search. Setiap ranah punya kultur, kebutuhan dan permintaan yang berbeda-beda.

5. Buat Website untuk Perkuat Reputasimu

Ibarat makan sayur tanpa garam, rasanya belum afdhol kalau jualan kaos dakwah online tapi belum punya website. Rasanya belum sempurna kalau cuma nongkrong di akun medsos saja.
Di dunia maya, sebuah Website ibarat sebuah rumah yang mewakili identitas perusahaan Anda secara utuh. Sedangkan media sosial hanyalah pengukuh eksistensi merk perusahaan Anda saja.
Biasanya konsumen lebih memilih toko yang sudah memiliki website dibanding yang belum. Diantaranya alasannya adalah orang yang sudah memiliki website terlihat lebih serius dan sungguh-sungguh.
Konsumen juga lebih leluasa melihat produk maupun portfolio yang sudah kita jual atau buat di website, ketimbang hanya melihat postingan di media sosial saja yang sangat terbatas aksesnya.
Selain tips di atas ada lagi tips di bawah ini yang bikin kita terinspirasi

8 Tips Menjalankan Bisnis Kaos Dakwah

Apakah Anda baru membuka usaha kaos dakwah atau baru memulai bisnis kaos dakwah dan ingin meningkatkan penjualan Anda? Meningkatkan trafik pengunjung website toko online Anda? Menjual kaos dakwah Anda ke toko-toko atau distro kaos? Berikut beberapa tips untuk membuat dan menjalankan bisnis kaos distro.
1. Dimulai dengan ide yang keren
Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin memulai bisnis kaos distro, mulai dengan melakukan brainstorming ide-ide yang menarik untuk tema kaos Anda, ciri khas produksi kaos Anda, tuliskan ide sebanyak Anda bisa. Beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah, apakah Anda ingin kaos dengan sablon teks atau kaos dengan sablon gambar atau keduanya? Apakah Anda ingin membuat kaos untuk wanita, pria, anak-anak? Apa kaos distro yang sedang trend sekarang dan model kaos apa yang sedang orang banyak pakai? Pertanyaan yang banyak Anda tanyakan pada diri sendiri, akan semakin banyak ide muncul selama brainstorming ide ini.
2. Tentukan target pasar Anda
Setelah Anda brainstorming ide-ide Anda, saatnya untuk mulai berpikir tentang target pasar kaos Anda. Siapa yang akan membeli kaos Anda? harus sespesifik mungkin. “Pria berusia antara 18-45” bukanlah target pasar yang spesifik. Anda harus menggali lebih dalam dan menemukan target pasar lebih detail untuk penjualan kaos Anda. Beberapa contoh target pasar spesifik adalah para photografer, komunitas penghobi burung kicau, komunitas mancing mania, pria yang hobi bermain golf, bersepeda, wanita yang memiliki anak balita dll. Kemungkinannya tak terbatas dan lebih spesifik Anda bisa mendapatkan dengan niche target pasar penjualan kaos Anda, akan lebih mudah untuk menjual kaos Anda dan dimulai dengan rencana pemasaran tertentu.
3. Tempat produksi atau konveksi kaos Anda
Banyak pengusaha kaos dimulai dengan membeli kaos polos jadi dari produsen lain, atau memesan kaos polos ke tempat produksi atau konveksi kaos yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai ukuran, warna dan model kaos Anda, tetapi tetap dengan modal yang lebih sedikit. Banyak produsen kaos polos menjual dengan harga benar-benar murah, sehingga Anda dapat menguji beberapa model atau tema sablon kaos yang berbeda untuk test market, melihat penjualan model sablon kaos yang terbaik untuk niche pasar Anda. Pilihan lain adalah Anda memiliki konveksi kaos sendiri, namun sudah tentu membutuhkan tempat dan modal produksi yang lumayan.
4. Tempat Sablon kaos Anda
Sablon adalah nyawa bisnis kaos distro Anda. Beberapa orang dalam bisnis kaos distro kebanyakan memiliki tempat sablon kaos sendiri dan mereka memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk sablon manual kaos sendiri. Jika Anda tidak memiliki tempat sablon sendiri, maka cari di Internet untuk tempat sablon di daerah Anda dan bertemu dengan mereka untuk mendiskusikan kebutuhan Anda. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan sebanyak mungkin tempat sablon kaos dan bekerja sama dengan orang yang cocok untuk Anda. Tempat sablon kaos di Bandung sendiri tersebar di berbagai daerah, salah satunya daerah Suci.
5. Harga jual kaos Anda.
Harga kaos Anda tergantung pada biaya produksi untuk setiap kaos, atau dinamakan dengan actual costing, sehingga dapat dihitung HPP (Harga Pokok Penjual). Saat menghitung harga, pastikan untuk menyertakan harga sebenarnya, biaya sablon, biaya pengiriman, biaya hangtags dan label dan biaya lainnya seperti pemasaran dan tenaga kerja lainnya. Pertimbangkan juga jika Anda berencana untuk menjual kaos eceran atau grosir atau keduanya. Jika Anda tidak menjual kaos Anda ke toko-toko atau distro kaos, dan Anda jual kaos sendiri, maka sangat mungkin harga kaos Anda akan lebih murah daripada harga kaos yang dijual oleh distro-distro kaos pada umumnya. Pada intinya, menetapkan harga kaos harus menutup semua biaya dan membuat keuntungan juga. Dan jangan takut untuk menjual kaos dengan harga kaos lebih tinggi jika biaya produksi memang tinggi dan kualitas kaos Anda beda dengan yang lainnya.
6. Menjual Kaos eceran atau ritel
Jika Anda ingin menjual kaos Anda secara ritel langsung kepada konsumen, ide yang paling baik adalah membuat toko online kaos Anda sendiri dan mencetak beberapa kartu nama sehingga Anda dapat mempromosikan bisnis kaos distro baru Anda. Selalu arahkan orang untuk membeli kaos langsung dari website toko online Anda dan pastikan Anda memiliki fotografi yang baik yang mencerminkan kualitas kaos Anda, menu dan desain web toko online yang tidak ribet dan membingungkan pembeli. Berikan layanan support yang bagus melalui telepon, BBM, Whatsup, Line, YM dll. Berikan harga diskon, layanan super cepat, sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap pembeli. Anda juga mungkin dapat mempertimbangkan menjual kaos Anda di sosial media seperti facebook, instagram, forum-forum, acara-acara lokal seperti pasar kaget, pameran atau acara-acara perayaan lain di kota Anda.
7. Menjual kaos grosir atau partai
Anda juga dapat menjual kaos Anda ke toko-toko atau distro-distro kaos lain yang menargetkan niche pasar Anda. Anda dapat menghubungi toko kaos atau distro kaos langsung dan meminta untuk berbicara dengan pemilik atau manager atau marketingnya dengan membawa beberapa sample atau contoh kaos hasil produksi Anda. Banyak toko atau distro kaos atau clothing membutuhkan banyak barang untuk melengkapi pajangan barang dagangan mereka. Mulailah dengan toko atau distro kaos yang ada di kota Anda terlebih dahulu.
8. Memasarkan dan mempromosikan kaos Anda dengan online dan offline
Jangan beranggapan bahwa jika Anda sudah memiliki sebuah website online store, orang akan langsung tahu alamat online store Anda atau bahkan menemukan secara online dari search engine atau mesin pencari. Belajarlah tentang SEO. Hal terbaik adalah dengan membuat beberapa blog, bahkan blog gratis seperti di blogger atau wordpress yang tentunya membahas tentang kaos atau fashion pada umumnya, kemudian Anda rajin menulis fresh artikel hasil tulisan Anda sendiri, jangan sekali-kali kopas dari artikel blog orang lain. Kemudian buatlah link ke halaman-halaman produk dagangan di website online store Anda. Beberapa cara lain adalah dengan mempromosikan online store Anda di social media seperti facebook, twitter, instagram, path dll. Jika Anda mengalokasikan untuk budget promosi, maka Anda bisa memasang iklan atau banner di blog-blog orang lain, atau pasang iklan berbayar lainnya seperti google adwords, atau facebook ads. Atau cari orang khusus untuk menangani bagian SEO (Search Engine Optimization).
Dan yang terakhir yang tak kalah penting, pakailah sendiri kaos-kaos hasil produksi Anda sesering yang Anda bisa! kemanapun, kapanpun. Hal ini kadang-kadang menjadi metoda yang terbaik dan paling efektif untuk menunjukan eksistensi kaos produksi Anda. Beritahu semua orang yang Anda tahu, teman-teman Anda tentang usaha bisnis kaos distro baru Anda dan mintalah mereka untuk memberitahu teman-teman mereka. Dari mulut ke mulut masih merupakan teknik marketing yang sangat kuat.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: