Daftar Tanaman Beracun Yang Ada Di Sekitar Kita


TANAMAN HIAS  : Ternyata banyak tanaman yang beracun yang hidup di sekitar kita atau secara tidak sadar kita malah menanam di pekarangan kita ? serem yaa, apalagi kalau anak kita sering bermain di kebun.

Hati-hati ya kebuners, jangan asal-asal megang atau nanem tanaman yang belum di ketahui ID nya, bisa saja beracun, terutama yang keliahatan mencurigakan.

Berikut adalah Daftar tanaman yang beracun yang hidup di sekitar kita :

1. Morning glory

Morning glory tanaman yang beracun

 

Morning glory yang kita sukain itu. kebanyakan vareitas morning glory mempunyai racun di dalam biji/benihnya, jika di konsumsi dapat menyebabkan mual, pusing, muntah. Akan memberikan efek samping lebih parah bila di konsumsi dalam jumlah banyak (Ratusan).
Jauhkan paket Benih Dari anak-anak, dan hewan peliharaan kesayangan.
Tapi tidak usah takut untuk memegang bijinya, yang beracun itu embrionya dan racun akan keluar saat di Cerna.

2. Bunga bakung / hippeastrum bersama dengan amaryllis

Bunga bakung si cantik tapi beracun

 

Jangan sampai tertukar umbi bunga ini dengan bawang bombai ya, terutama saat umbi sedang dimasukan ke dalam kulkas/chilling, beri tag pada umbinya!
Effek samping bila umbi Di konsumsi dengan jumlah banyak: mual, sakit peruut.

3. Moss rose / portulaca

Moss rose tanaman yang beracu bila di konsumsi

 


Tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan, tapi bukan berarti disarankan bisa di makan ya...
Effek samping bila di konsumsi: air liur menetes2 tanpa henti, gagal ginjal, mual, dll..

4. Four O'clock Flower / bunga pukul empat

Bunga pukul empat yang beracun

 


Efek samping bila 'akar' dan 'benih' di konsumsi: diare, muntah-muntah, getah menyebabkan dermatitis. Jauhkan dari peliharaan dan anak-anak

5. Hydrangea

Hydrangea si cantik yang beracun

 


Efek samping bila salah satu bagian tanaman ini di konsumsi: diare, muntah-muntah, mual, berkeringat, bisa sesak nafas, sakit perut, coma, bahkan Kematian jika sangat parah, jauhkan dari peliharaan dan anak-anak.

6. Hyacinth

Hyacinth si cantik yang beracun

 


Efek samping bila umbi, bunga, atau daun di konsumsi: Iritasi mulut dan tenggorokan, mual, muntah, pusing berat, sakit perut, dll...

7. Oleander / Bunga mentega

Oleander bunga yang beracun

 


Wah, semua bagian dari tanaman ini beracun, jangan sampai kemakan ya.
Efek samping bila di konsumsi: dimulai dari mual, muntah, tidak nafsu makan, bingung2, pusing berat, detak jantung melambat, halusinasi, pingsan, sampai kematian. Jangan menanam tanaman di deket rumah, terutama jika banyak anak2 dan hewan peliharaan.

8. Foxglove

Tanaman foxglove yang beracun bila di konsumsi

 


Walaupun jarang di indonesia, terkadang saya lihat ada yang pernah punya.
Jangan coba hisap atau makan bunganya!
Efek samping bila di konsumsi: sama seperti oleander / bunga mentega

9. Belladonna / deadly nightshade

Daftar tanaman yang beracun

 


Dari keluarga solanales juga jadi Masih sekeluargaan dengan terung, tomat, lada-ladaan, kentang dan juga MG. Siapa ya yang pernah nanem tanaman ini? Tapi cantik juga ya.Efek samping bila di konsumsi: mual, muntah, pusing berat, depresi, sakit perut, mulut dan tenggorokan kering, omongan tak jelas, bingung2, banyaak! Dan kematian...

10. Lily

Bunga liliy beracun bila di konsumsi

 


Keluarga true lily (lilium atau hemerocallis) memang cantik, tapi jika umbi, bunga, dan beberapa bagian lainya dimakan, bisa fatal atau juga menyebabkan kematian, yang bisa menyebabkan kematian adalah gloriosa lily/climbing lily dan lily of the valleys. Jauhkan dari anak-anak dan peliharaan.

11. Datura metel / jimson weed / kecubung

Bunga kecubung

 


Dari keluarga Solanales. Bunga kecubung ini juga dinamakan Devil's trumpet, karena punya alasan.
Jauhkan semua tumbuhan dari genus 'Datura'
Jangan pegang semua bagian tumbuhan tersebut, sama Sekali! Efek samping jika di makan: mulai dari mual, mu ntah, sakut perut, diare, pusing berat, halusinasi, demam parah, kulit kering dan merah, mulut kering, mengeluarkan urin sedikit sekali sampai tidak sama sekali,dll..., sampai kematian. Butuh pengawasan ketat terhadap anak-anak yang bermain keluar.

12. Gympie-Gympie

tanaman gatal dan beracun

 


Tanaman ini memiliki racun yang sangat Dasyaat! info dari google:

Jika beruntung, manusia yang tersengat Gympie-Gympie "hanya" akan merasakan rasa sakit menyiksa selama Berbulan-bulan dan baru sembuh dalam hitungan tahun. Saking ampuhnya, spesimen daun Gympie-Gympie yang disimpan ratusan tahun tetap menyengat. Sengatan itu berasal dari permukaan daunnya yang dipenuhi bulu kecil mirip jarum mengandung racun bernama moroidin.

Saat manusia menyentuh daun, maka bulu-bulu halus itu akan menyuntikkan moroidin ke dalam lapisan kulit menimbulkan rasa menyengat. Terkadang, hanya berada di di hadapan tanaman itu saja dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin dan mimisan parah. Karena zat moroidin tersebut dilepaskan ke udara sekitar pohon.

13. Brugmansia / angel's trumpet

Daftar Tanaman Beracun Yang Ada Di Sekitar Kita

 


Dari keluarga solanales. Genus Brugmansia itu sepupunya genus datura, tapi lebih beracun lagi. seluruh bagian tumbuhan ini mempunyai racun yang sangat tinggi, kalau daun2 dan bunga dipegang, bisa menyebabkan gatel-gatel parah, jika kamu garuk-garuk mata, atau makan dengan tangan yang habis terkontaminasi tumbuhan tsb, bisa buta sementara, pupil mata melebar besar, mata perih sekali, demam berat, halusinasi, koma, dan kematian... Bunga cantik tapi ngeri yaa..

14. Dieffenbachia / dumb cane / daun bahagia

 


Getah dari daun dan batang Dieffenbachia memang berbahaya, karena dapat menyebabkan 'gatal-gatal' maupun 'kejang pada bibir' dan 'kejang pada lidah serta kerongkongan' bila mengenai getahnya. Meskipun demikian, setelah beberapa saat akan pulih kembali. Gejala ini dapat menyebabkan syok, bahkan kematian apabila 'kejang yang ditimbulkan dapat mengganggu saluran pernapasan'. Anak-anak dan hewan peliharaan rentan akan bahaya ini.

Butuh pengawasan sebagai houseplant yaa, terutama utk anak-anak yang beru belajar gigit2, nanti dikira sayuran.

15. Lantana

Daftar Tanaman Beracun Yang Ada Di Sekitar Kita

Bunga cantik disukai kupu-kupu, tapi daun dan buah mentahnya bahaya ya..
Jika di konsumsi bisa menyebabkan: kerusakan hati, mual, muntah, diare, pupil mata melebar besar, dehidrasi, lemah, dll...

TANAMAN HIAS  : Nah demikian daftar tanaman beracun yang ada di sekitar kita yang jarang di ketahui. Hati-hati ya apabila kita menanam tanaman tersebut di kebun.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: