Bunga selalu menjadi pilihan menarik untuk diberikan sebagai hadiah, baik itu hadiah wisuda, hadiah kelulusan, hadiah ulang tahun, dan sebagainya. Namun memberikan bunga begitu saja rasanya akan kurang menarik. Bunga akan lebih menarik untuk diberikan ketika sudah berbentuk buket bunga. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara membuat buket bunga.







Enam+01:07VIDEO: Viral Kepala Siswi Terjepit di Pintu Sekolah, Warganet Malunya Sampai Alumni
Cara membuat buket bunga memang membutuhkan keterampilan khusus dan pastinya ketelitian. Namun keterampilan yang dibutuhkan dalam cara membuat buket bunga ini bukanlah keterampilan yang sulit untuk dipelajari.





Dalam cara membuat buket bunga ini, kamu juga tidak perlu menyiapkan peralatan khusus. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa jenis bunga dan beberapa pembungkus, bisa kertas atau plastik. Selain itu, siapkan juga beberapa alat seperti gunting untuk memudahkan dalam menata dan memotong tangkai bunga.





Cara membuat buket bunga ala florist profesional dengan mudah, bisa mengikuti langkah-langkah berikut, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis, (3/11/2022).






  1. Pilih Bunga Terbaik
    Memilih bunga jelas menjadi langkah penting dalam cara membuat buket bunga ala florist profesional. Memilih bunga juga berkaitan dengan kepada siapa buket bunga ini akan diberikan dan pada momen seperti apa. Ini karena setiap bunga memiliki makna dan artinya sendiri.





Disamping itu, dalam memilih bunga penting untuk memilih bunga berdasarkan skema warnanya. Pilih bunga yang menggabungkan warna serupa atau komplementer. Patikan juga bahwa warna dalam buket saling melengkapi.





Pilih bungan sesuai musimnya. Bunga yang tumbuh sesuai dengan musimnya tentu akan lebih segar dan lebih terjangkau daripada bunga di luar musim. Namun ada pula jenis bunga yang tumbuh di sepanjang musim, seperti Hydrangea.





Untuk memastikan bunga Anda terlihat segar selama mungkin, gunakan bunga yang hangat seperti aster, sukulen, dan krisan. Pastikan bunga Anda segar, kokoh, dan saling melengkapi dalam warna dan aroma. Anda dapat menemukan bunga segar di toko bunga setempat, di toko kelontong, atau menanamnya sendiri.






  1. Siapkan Bahan Pendukung
    Cantiknya Luna Maya di Momen Ulang Tahun ke-39, Tampil Kenakan Dress Mahal
    Perbesar
    Sambil membawa buket bunga, penggemar RM BTS ini pun terlihat mengenakan long dress warna kuning yang membuat Luna Maya lebih memancarkan aura bahagiannya. (Instagram/lunamaya)
    Dalam cara membuat buket bunga, bungan jelas menjadi bahan yang utama. Di samping itu, kita juga memerlukan bahan-bahan pendukung, agar dapat membuat rangkaian bunga menyatu dengan baik, serta komposisinya menjadi menarik.





Adapun bahan pendukung yang dibutuhkan dalam cara membuat buket bunga antara lain adalah sebagai berikut:






  • a. Pita ukuran 2,5cm




  • b. Gunting & cutter




  • c. Lilin




  • d. Lem Tembak




  • e. Pernak-pernik (Mutiara belah, Mutiara sintetis, dll)




  • f. Kertas tisu




  • g. Plastik




  • h. Kertas karton/kertas bungkuskain flanel untuk dudukan bunganya






  1. Buang Daun dan Durinya
    Ilustrasi bunga mawar
    Perbesar
    Ilustrasi bunga mawar. (Gambar oleh RitaE dari Pixabay)
    Membuang bagian daun dan duri merupakan langkah penting dalam cara membuat buket bunga, terutama jika Anda akan membuatnya dengan bunga mawar. Pastikan untuk memotong duri yang tajam. Gunakan tangan atau gunting untuk memotong dedaunan yang tersisa dari batangnya.




  2. Pilih Satu Bungan sebagai Titik Fokus
    Pilih bunga yang paling menarik atau yang paling menjadi favorit Anda sebagai titik fokus buket. Letakkan secara tegak, dan tambahkan bunga lain sebagai pendukung di sekitarnya, putar buket saat merangkainya sehingga kepala bunga berada di sudut yang berbeda.




  3. Tambahkan Bungan Pendukung
    Langkah selanjutnya dalam cara membuat buket bunga adalah menempatkan bungan pendukung. Bunga pendukung ini biasanya terdiri dari bungan-bungan dengan ukuran yang lebih kecil. Selain bunga, kamu juga dapat menambahkan tanaman hijau tertentu untuk menambah kontras pada buket bunga. Setelah merangkai semua bunga, pilih beberapa pengisi seperti baby's breath, myrtle, wax flowers, atau eucalyptus untuk merapikan pengaturan dan menambahkan beberapa volume.






  1. Bungkus Batangnya
    Perajin menata buket atau karangan bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Senin (14/2/2022). Perajin buket setempat mengaku permintaan pesanan karangan bunga yang biasa dihadiahkan saat hari kasih sayang atau Valentine Day tersebut menurun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
    Setelah menambahkan beberapa jenis bunga pendukung dan tanaman hijau sebagai aksen, langkah selanjutnya dalam cara membuat buket bunga adalah membungkus batang-batang bunga. Ikat batang bunga dengan kuat menggunakan kawat bunga, selotip, atau lem panas. Mulailah membungkus kawat Anda tepat di bawah kepala bunga agar buket tidak terpisah.




  2. Finishing
    Langkah Terakhir dalam cara membuat buket bungan adalah finishing. Hiasi buket Anda dengan pita atau bungkus dekoratif untuk sentuhan akhir. Jaga agar pita sejajar dengan pita bunga, dan jika Anda membuat karangan bunga pernikahan, sisakan ruang yang cukup di bagian bawah agar pengantin wanita dapat memegangnya.





Bunga dan Artinya





Dalam cara membuat buket bunga, langkah pertama adalah memilih bunga. Memilih bungan ini bisa berdasarkan skema warna, anggaran, musim, dan sebagainya. Namun jika Anda ingin menyampaikan pesan terselubung melalui buket bunga Anda, penting juga untuk memilih bungan yang memiliki makna sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Ini karena setiap bungan memiliki makna dan artinya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis bungan dan artinya.





a. Bunga Aster
Bunga aster memiliki filosofi sebagai keyakinan, kebijaksanaan, dan keberanian. Nama aster sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya bintang, karena bentuknya ketika mekar memang menyerupai bintang.





Bunga ini tak hanya bagian dari simbol cinta tapi juga kebijaksanaan dan kepercayaan. Saat kamu mengirimkan buket bunga aster pada seseorang maka secara tidak langsung kamu ingin menyampaikan pesan "jagalah dirimu demi aku".





b. Bunga Tulip
Bunga tulip merupakan simbol dari perasaan cinta yang tak tertahankan. Tulip kerap terlihat menekukkan batangnya agar bisa menjangkau sumber cahaya terbaik. Maka dari itu, tulip sering erat dengan mereka yang selalu bergerak ke level atas.





c. Bunga Mawar
Bunga mawar merupakan salah satu bungan yang populer dan memiliki berbagai macam varian warna. Setiap warna pun memiliki arti dan filosofinya sendiri. Misalnya saja mawar merah muda dan putih. Saat Anda menggabungkan mawar merah muda dan putih menjadi satu buket, mereka mewakili kebahagiaan dan kegembiraan, dengan bunga putih memancarkan kemurnian niat.





Kemudian mawar merah dan kuning, menggabungkan kedua jenis mawar ini menjadi satu buket, artinya ingin memberi tahu seseorang bahwa mereka membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik, maka berikan mereka buket mawar merah dan kuning. Kuning melambangkan matahari, sedangkan merah melambangkan gairah yang dalam. Sedangkan setangkai bunga mawar memiliki arti cinta.





d. Bunga Lili
Bunga lili adalah simbol dari kebangkitan atau kehidupan yang digunakan saat acara pemakaman. Bunga ini juga diasosiasikan dengan bintang dan matahari karena kelopaknya yang tampak bersinar.





@www.bouquet.id #CapCut Cara membuat buket Anda dapat membuat buket dengan langkah-langkah berikut: Pilih Bunga: Pilih berbagai jenis bunga yang Anda inginkan untuk buket Anda. Anda dapat memilih bunga dengan warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda untuk menciptakan tampilan yang menarik. Potong Batangnya: Potong batang bunga dengan sudut sejajar sekitar 2-3 cm dari ujungnya. Ini membantu bunga menyerap air lebih baik. Atur Bunga: Susun bunga dalam tangan Anda secara perlahan, mencampur berbagai jenis bunga dan menyeimbangkan warna dan ukuran. Tambahkan Foliage: Tambahkan dedaunan atau tanaman hijau di antara bunga untuk memberikan tekstur dan warna tambahan. Ikat dengan Tali: Gunakan tali anyaman atau pita untuk mengikat batang bunga bersama-sama di bagian bawah buket. Pastikan buket terasa kokoh. Potong Batang Lebih Pendek: Potong ujung batang bunga sehingga semua batang memiliki panjang yang seragam. Bungkus dengan Kertas: Bungkus batang bunga dengan kertas bunga atau kertas kado yang cantik dan aman dengan pita atau tali. Penyelesaian: Periksa buket Anda untuk memastikan semuanya rapi dan seimbang. Jika perlu, potong lebih banyak batang atau perbaiki penataan bunga. Selamat mencoba membuat buket bunga yang indah! Jangan lupa menyimpannya dalam vas dengan air segar untuk menjaganya tetap segar #CaraMembuatBuket #buketbunga #buketuang #buketsnack ♬ suara asli - Bouquet.id

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: