Sahabat atau orang tercintamu akan berulang tahun? Atau ada perayaan hal yang istimewa seperti wisuda, tunangan, menikah. Tentunya dalam setiap perayaan, tidak pernah jauh-jauh dari yang namanya hadiah.





Biasanya seseorang akan memberikan hadiah yang memang telah diidam-idamkan oleh orang tersebut. Meskipun hadiah bisa diberi kapan saja, tapi tentu saja rasanya akan berbeda jika hadiah tersebut diberikan saat hari istimewanya.







Banyak pilihan yang bisa diberikan kepada sahabat atau orang terkasih, kamu bisa memberi jam, buku, boneka, cokelat atau buket bunga. Tapi kalau kamu rasa hadiah tersebut sudah membosankan, maka tidak ada salahnya untuk membuat hadiahmu sendiri. Tentu rasanya berbeda ketika kamu mengatakan bahwa hadiah tersebut adalah hasil karyamu sendiri.





Bingung mau membuat apa? Kamu bisa membuat sesuatu yang kreatif dari kain flanel.





Kain flanel masih menjadi kreasi yang popular hingga saat ini. Dari kain flanel bisa menjadi bermacam-macam kreasi seperti boneka, dompet, sarung hape, gantungan kunci, bunga, bros, dan masih banyak lagi.





Sepertinya menarik jika kamu memberikan buket bunga dari kain flanel pada sahabat atau orang terkasihmu!





Kain flanel merupakan bahan yang tepat untuk membuat buket bunga cantik dan menarik. Kita pun bisa membuat pola dan desain sendiri untuk mendapatkan buket bunga impian kita.





Namun, bagaimana cara membuat buket bunga dari kain flanel?





Tidak usah khawatir, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat buket bunga dari kain flanel yang bisa langsung kamu praktikan di rumah. Kamu pun juga bisa membagikan cara membuat buket bunga dari kain flanel kepada temanmu yang ingin berkreasi juga.





Berikut Liputan6.com Kamis (28/2/2019) rangkum dari berbagai sumber cara membuat buket bunga dari kain flanel yang bisa kamu buat sendiri. Setelah buket bunganya jadi, kamu bisa memberinya dengan orang terkasihmu.





Atau kamu sedang mencari ide bisnis baru? Buket bunga kain flanel ini juga punya daya jual tinggi, lho. Jadi kreasi dari kain flanel ini bisa banget kalau dijual.





Sebelum mengetahui cara membuat buket bunga dari kain flanel, terlebih dahulu mengetahui flanel itu sendiri.






Kain Flanel





Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.





Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda.





Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.





Sebelum membuat buket bunga, kamu perlu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:






  • Jarum jahit dan benang




  • -Potongan kardus berbentuk bulat diameter 24 cm




  • -Corong berdiameter 20 cm




  • -Kain spunbond





Cara membuat buket bunga dari kain flanel






  1. Potong kain flanel menjadi bentuk lingkaran. Bentuknya tidak perlu berupa lingkaran sempurna, jadi kamu bisa menjiplak objek yang bulat. Buat lingkaran dengan diameter 10,2–25,4 cm tergantung seberapa besar mawar yang kamu ingin buat.




  2. Gunakan gunting untuk membuat spiral dari lingkaran kain flanel. Mulai dari pinggir dan gunting spiral ke dalam hingga mencapai pusat lingkaran.




  3. Langkah selanjutnya, gulung spiralnya. Mulai dari pinggir luar spiral dan mulai menggulung ke dalam. Cubit dasar spiral saat kamu menggulung untuk membuat dasar dari bunga. Setelah spiral tergulung sempurna, akan menghasilkan bentuk bunga mawar yang cantik.




  4. Selanjutnya, menjahit bunga. Balik bunga dan gunakan benang dan jarum untuk menjahit bunga agar tidak terbuka. Buat simpul di ujung benang dan tambahkan beberapa jahitan untuk mempertahankan lapisan mawar pada tempatnya. Buat simpul lagi. Bunga pun sudah selesai.




  5. Lakukan secara berulang sampai kamu kira-kira cukup untuk buket bunga yang kamu inginkan.




  6. Selanjutnya, untuk membuat buket bunga. Lapisi kardus dengan kain flanel dengan tujuan agar buket lebih rapi dan tidak terlihat kardusnya




  7. Tempelkan bagian luar corong dengan kardus yg sudah dilapis kain flanel




  8. Gunting kain spundbond dan tempelkan pada corong. Kemudian bentuk seperti kelopak bunga




  9. Atur posisi bunga flanel yang telah kamu sebelumnya, lem sesuai posisi yang sudah kamu atur.




  10. Selesai, buket bunga yang cantik siap kamu berikan apada orang terkasih.





Nah di atas adalah cara membuat buket bunga dari kain flannel. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!





@www.bouquet.id #CapCut Cara membuat buket Anda dapat membuat buket dengan langkah-langkah berikut: Pilih Bunga: Pilih berbagai jenis bunga yang Anda inginkan untuk buket Anda. Anda dapat memilih bunga dengan warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda untuk menciptakan tampilan yang menarik. Potong Batangnya: Potong batang bunga dengan sudut sejajar sekitar 2-3 cm dari ujungnya. Ini membantu bunga menyerap air lebih baik. Atur Bunga: Susun bunga dalam tangan Anda secara perlahan, mencampur berbagai jenis bunga dan menyeimbangkan warna dan ukuran. Tambahkan Foliage: Tambahkan dedaunan atau tanaman hijau di antara bunga untuk memberikan tekstur dan warna tambahan. Ikat dengan Tali: Gunakan tali anyaman atau pita untuk mengikat batang bunga bersama-sama di bagian bawah buket. Pastikan buket terasa kokoh. Potong Batang Lebih Pendek: Potong ujung batang bunga sehingga semua batang memiliki panjang yang seragam. Bungkus dengan Kertas: Bungkus batang bunga dengan kertas bunga atau kertas kado yang cantik dan aman dengan pita atau tali. Penyelesaian: Periksa buket Anda untuk memastikan semuanya rapi dan seimbang. Jika perlu, potong lebih banyak batang atau perbaiki penataan bunga. Selamat mencoba membuat buket bunga yang indah! Jangan lupa menyimpannya dalam vas dengan air segar untuk menjaganya tetap segar #CaraMembuatBuket #buketbunga #buketuang #buketsnack ♬ suara asli - Bouquet.id

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: