Pesona Tanaman Hias Anggrek Bulan

TANAMAN HIAS  : Anggrek bulan (phalaenopsis amabilis) adalah tanaman yang tersebar luas dari Indonesia,Malaysia,Filipina dan juga Australia, memiliki cara hidup dengan cara menempel pada batang pohon yang lebih besar. Anggrek bulan tumbuh subur di hutan dengan ketinggian hingga 600 meter di atas permukaan laut.
Tanaman Hias Anggrek Bulan
Anggrek Bulan

Di Indonesia pemerintah penetapkan anggrek bulan sebagai puspa pesona  salah satu bunga nasional Indonesia, pertama kali di temukan di Maluku oleh ahli botani belanda Dr. C.L Blume. Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai cahaya yang sedikit, anggrek bulan memiliki bunga yang sangat indah kelopak yang berwarna putih sedikit berbau harum tapi sayangnya bunga ini tidak bertahan lama.

Nilai ekonomis dari anggrek bulan ini sangat lah bagus permintaanya pun tinggi, banyak kantor-kantor yang menggunakan anggrek bulan sebagai hiasan, atau sebagai dekorasi dalam pernikahan. Jadi untuk anda yang ingin terjun ke dalam bisnis ini masih terbuka lebar.

Anggrek bulan memiliki beberapa cirri cirri fisik di antaranya :
  1.   Bagian bunga yang terdiri dari tiga buah kelopak bunga (sepala) tiga buah tajuk bunga (petala) dan satu buah kelopak yang terletak di bagian punggung (sepalum dorsal) dan sisanya terletak di samping (sepalum lateralia). Di tengah bunga terdapat alat kelamin jantan/betina yang menjadi satu disebut gynostenium.
  2.    Biasanya dalam satu tangkai bunga anggrek memiliki 2-4 daun yang berukuran antara 7-10 cm yang berada di pangkal bagian bawah. Tekstur daunya tebal dan berwarna hijau hal ini dikarenakan daunnya mengandung klorofil serta cadangan makanan.
  3. Anggrek bulan atau semua jenis anggrek memiliki batang yang bersifat monopodial atau dapat tumbuh tinggi, biasanya tumbuh dari tengah tengah daun.
  4. Di habitat aslinya tanaman anggrek bulan hidup secara menempel dengan pohon dan akarnya mencengkram mengelilingi batang pohon yang di hinggapinya. Akarnya terdapat jaringan valemen yang berfungsi memudahkan akar menyerap air pada permukaan inangya.

Siklus kehidupan anggrek bulan dari mulai pembibitan hingga berbunga memerlukan waktu sekitar  1 tahun, memang untuk menikmati bunga anggrek memerlukan waktu yang cukup lama hal ini tidak sebanding dengan waktu mekar bunga anggrek bulan yang singkat hanya beberapa minggu saja. Berikut penjabaran siklus kehidupan anggrek bulan yang  di lakukan oleh pembudidaya.
  1.  Bibit anggrek bulan di peroleh dari biji yang di peroleh dari perkawinan, kemudian biji di semai ke dalam  botol kaca bening hingga tumbuh menjadi bibit.
  2. Setelah sudah cukup besar bibit di pindahkan ke dalam pot yang lebih besar dalam hal ini bibit masih di kelompokkan dalam satu pot.
  3. Setelah beberapa bulan barulah bisa di pisahkan ke dalam pot kecil terbuat dari plastic pada tahapan ini bibit anggrek sudah tidak di lakukan pemindahan pot lagi hingga dewasa. Media tanam pada tahapan ini adalah mos, atau akar kadaka di tambah arang.
  4. Setelah terlihat tangkai bunga tancapkan kawat untuk mengikat batang bunga agar tidak roboh.
Dunia anggrek memang satu hal yang menarik untuk di pelajari, di karenakan bunganya yang sangat cantik dan harganya yang cukup mahal, tetapi bagi para pehobi yang namannya hobbi berapapun akan di bayar untuk kepuasan batin.

TANAMAN HIAS  : Demikian artikel di buat, agar kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang anggrek bulan. Apabila artikel ini membantu silahkan share agar teman teman kita dapat ilmu yang bermanfaat, lihat juga artikel tentang tanaman hias yang lainya di sini Terima Kasih.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: