Serba Serbi Tanaman Hias Puring


TANAMAN HIAS  : Puring adalah tanaman hias yang popular saat ini, pada awalnya puring hanya berwarna kemerah merahan dan hijau dengan corak bintik putih. Tetapi seiring perkembangan jaman banyak para pembudi daya yang mengkawin silangkan sehingga tanaman ini sekarang  sangat ber variasi jenisnya dengan bentuk dan warna daun yang berbeda – beda. 

Serba Serbi Tanaman Puring

Puring (codiaeum variegatum) masih kerabat jauh dengan singkong  hal ini di tandai dengan batangnya yang mengeluarkan lateks yang berwarna putih pekat dan lengket. Ciri ciri puring yang bagus adalah mempunyai warna daun yang cerah serta rimbun.

Bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias puring, berikut jenis jenis puring yang popular saat ini.

Puring anggur
Puring anggur mempunyai ciri ciri dengan bentuk daun oval dengan kombinasi warna coklat,warna merah , kuning dan hijau dengan corak bercak putih di tengah nya. Puring ini termasuk jenis yang  jarang di temukan.
Tanaman hias puring Anggur
Puring Anggur
Puring Cabai
Sesuai dengan namanya puring ini memiliki daun yang berbentuk mirip dengan daun cabai, daun yang kecil dan memajang dengan kombinasi warna merah dengan coklat, kuning hijau.
Tanaman hias Puring Cabai
Puring Cabai

Puring Cobra
Puring cobra memiliki daun panjang dengan bagian tengah yang menyempit, mirip dengan ular cobra dengan motif belang – belang dengan warna kuning hijau dan jingga.
Tanaman hias Puring Cobra
Puring Cobra
Puring kura
Disebut dengan nama demikian memang bentuk daunya yang mirip dengan batok kura kura dengan corak warna merah kotak kotak hijau dan kuning.
Tanaman hias Puring Kura kura
Puring Kura Kura
Untuk anda yang ingin menanam puring di rumah, berikut tips yang dapat anda ikuti

  1. Gunakan media tanam campuran antara pupuk kandang , sekam bakar, dan pasir malang, perbandinganya  1:1:1.
  2. Jangan terlalu sering menyiram tanaman ini, lakukan penyiraman sehari 1x atau sesuaikan dengan lingkungan sekitar.
  3. Taruh di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, hal ini penting agar daun puring terlihat sehat dan mengkilap. Daun puring tidak bisa langsung berwarna merah mengkilap, warna puring akan muncul bertahap dari hijau kemudian sekitar 2minggu akan berubah menjadi kuning, setelah sekitar 1 minggu barulah warna merah kehitam – hitaman akan muncul.
  4. Berikan pupuk yang banyak mengandung pospor, kalsium dan kalium hal ini juga dapat membantu daun puring agar menjadi lebih cerah.
Puring  juga mempunyai hama atau penyakit, antara lain :
  1. Munculnya kutu putih dan bercak hitam yang mengakibatkan daun puring menjadi kusam. Untuk mengatasinya dapat menyemprotkan insektisida, atau dengan mengelap dengan kain basah, tetapi cara ini hanya bersifat sementara.
Untuk budidaya tanaman puring cukup mudah, yaitu dengan cara okulasi atau dengan cara cangkok. Berikut langkah – langkahnya :

Okulasi
  1. Tentukan tunas yang akan di potong dengan menggunakan pisau yang tajam
  2.  Iris kulit batang pada bagian bawah tunas secara vertical
  3.   Olesi batang yang di potong dengan fungisida agar tidak tumbuh jamur
  4.   Kemudian gabungkan kedua batang lalu ikat dengan tali
  5.   Tempatkan di tempat yang teduh

Cara mencangkok
  1.   Pilih cabang yang akan di cangkok, pilih cabang yang bagus dang sudah tua
  2.  Kupas batang kulit secara melingkar dengan panjang kurang lebih 5-10cm
  3.  Kemudian biarkan sampai kurang lebih 4 hari atau sampai luka di batang tersebut kering dari getah
  4.  Tempelkan tanah melingkari luka di batang tersebut dan bungkus menggunakan serabut kelapa atau  bisa dengan plastic, apabila menggunakan plastik pastikan pastik tersebut di lubangi agar air bisa masuk, ikat menggunakan tali tafia pada ujung dan pangkal.
  5. Tunggu beberapa minggu atau sampai tumbuh akar lumayan lebat, kita sudah bisa potong
  6.  Apabila ingin menanam buka terlebih dahulu tali dan plastik/serabut kelapa terlebih dahulu
  7. Tanam dalam pot dengan media tanam sekam bakar di campur dengan pupuk kandang, tempatkan pada lahan yang teduh sampai daun terlihat segar.


TANAMAN HIAS  : Demikian yang bisa saya bagikan tentang tanaman hias puring dan cara menanam dan membudidayakanya, semoga bisa membantu bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias puring.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments: