Dibalik corak warnanya yang indah, ternyata menyimpan mara bahaya. Ketujuh jenis tanaman hias beracun ini, wajib kamu hindari sekarang juga.
Tanaman Hias Beracun dan Berbahaya
Tanaman hias beracun dan berbahaya via id.theasianparent.com
Kerap kali kita merasa kalau semua tanaman hias itu ada manfaatnya. Tanpa berpikir kalau ternyata, beberapa jenis tanaman hias justru berbahaya bagi tubuh kita. Kita perlu tahu dan sesegera mungkin menghindarinya demi keselematan kita, tentunya.

Memang, tak mudah membedakan antara satu tanaman dengan yang lainnya. Banyak sekali, jenis tanaman hias yang punya corak warna mirip. Tapi dengan mengetahui namanya, setidaknya kamu bisa mencegah diri untuk tidak membelinya, apalagi merawatnya.

Daripada keselamatan terancam dan kesenangan terenggut, kamu wajib tahu sederet tanaman hias beracun berikut ini. Sebisa mungkin hindari, sebisa mungkin tak mendekati. Kira-kira, apa saja tanaman yang punya efek meracuni tubuh kita? Cek yuk!

1. Daun Bahagia

Mungkin kamu pernah merawatnya di halaman belakang. Sekarang, sadari kalau ternyata, tanaman hias bernama latin dieffenbachia ini menyimpan racun yang berbahaya. Racun ini tersimpan dalam getahnya. Kalau tangan kita menyentuhnya, efek gatal-gatal dan kejang bisa terasa.

Kejang pada bibir dan lidah, tepatnya, dapat mengakibatkan kesulitan bernapas sampai kematian. Wah, bahaya banget, ya? Untuk itu, kalau di halaman rumahmu terdapat tanaman ini, segera buang dengan hati-hati. Jauhkan pula dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Bunga Jepun

Walau jarang ditanam di halaman rumah, kamu patut waspada padanya. Bunga ini sering kali ditanam di ruang terbuka hijau. Untuk mengisi kekosongan desain lansekap, yang biasa dikerjakan di taman-taman kota besar di Indonesia.

Bunga ini berwarna merah muda cerah, sangat tidak tampak kalau ternyata bunga ini beracun bagi tubuh kita. Kalau sudah terlanjur menyentuhnya, bisa-bisa muntah dan diare. Kalau sudah para, bukan tidak mungkin tubuh mengalami gangguan saraf dan serangan jantung.

3. Bunga Azalea

Dibalik pesona bunganya yang indah, azalea ternyata berbahaya pula. Namun, efek yang dihasilkan ketika salah satu anggota badan kita menyentuhnya, tak terlalu berat seperti tanaman hias beracun lainnya. Tetapi tetap saja, kita wajib waspada.

Kalau dilihat dari segi biologis, seluruh bagian bunga azalea mengandung zat beracun yang berbahaya. Zat tersebut adalah andromedotoxins atau grayanotoxins yang digolongkan sebagai zat beracun yang bisa membahayakan tubuh kita.

4. Lidah Buaya

Banyak ilmuwan memanfaatkan khasiat lidah buaya sebagai tanaman obat. Mungkin kamu juga pernah memakai lidah buaya ini untuk keperluan kesehatan. Misalkan, menjadikan rambut kamu lebih halus dan berkilau, kadang menggunakan lidah buaya sebagai obatnya.

Tetapi, lagi-lagi kamu wajib waspada. Tanaman hias sekaligus tanaman obat lidah buaya, memiliki racun di kulit terluarnya. Walaupun, efek yang ditimbulkan hanyalah iritasi kulit. Rekomendasinya, sebelum mengolahnya, bersihkan dulu lapisan warna kuning pada lidah buaya.

5. Penawar Jambe

Lagi-lagi, banyak sekali orang yang memanfaatkan tanaman hias untuk keperluan obat. Salah satunya, penawar jambe yang diyakini mampu menyembuhkan sakit gigi, pinggang, hingga menstruasi. Tapi, apakah benar demikian? Tunggu dulu.

Setelah ditelisik, ternyata seluruh bagian tubuh penawar jambe memiliki kandungan racun. Kalau kita memakannya, tanpa disterilkan terlebih dulu, efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah dan diare. Kalau sudah parah, bisa menyebabkan gagal ginjal.

6. Daun Ivi

Tanaman yang punya bentuk dan corak warna indah ini, ternyata juga menyimpan bahaya yang berarti. Beberapa riset menyebutkan kalau tanaman ini ternyata memiliki efek samping iritasi kulit, rasa terbakar di tenggorokan (kalau buahnya dimakan), dan demam.

Tanaman dengan nama lain chang cung teng ini bahkan menyimpan bahaya serius, kalau dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Beberapa kasus ekstrem telah membuktikan, kalau tanaman hias daun ivi yang beracun ini menyebabkan kelumpuhan hingga koma.

7. Selandang Putih

Begitu banyak nama lain dari selandang putih ini, hingga membuat saya bingung mau menggunakan nama yang mana. Nama lain selandang putih antara lain peace lily, bendera putih, dan kelagi wangi, itu baru beberapa nama yang saya ketahui saja.

Tak terlalu penting bahas soal nama, yang jelas tanaman ini berbahaya. Tanaman yang sangat nyaman di ruangan minim cahaya ini berbahaya kalau kamu memakan daunnya. Kalau menyentuh bagaimana? Aman. Jadi, kamu tetap bisa merawatnya, asal jangan memakannya, ya~

Nah, itu dia tadi sederet jenis tanaman hias beracun dan berbahaya yang ada di sekitar kita. Demi keselamatan tetap terjaga, kamu dan sekeluarga wajib waspada. Apalagi, kalau kamu adalah tipikal orang penyayang hewan peliharaan. Ketahuilah, kalau mereka sangat rentan.

Lagi, sebisa mungkin anak-anak kita tidak mencoba mendekatinya. Karena selain hewan peliharaan, anak-anak juga rentan terhadap racun dari tanaman. Jadi, selalu hati-hati dan jaga kebersihan, ya~
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: