Tahukah kamu? Udara dalam rumah justru lebih berpolusi dibanding udara di luar sana. Tujuh tanaman hias dalam ruangan ini, bisa jadi solusi.
Tanaman Hias Dalam Ruangan
Tanaman hias dalam ruangan via glitzmedia.co
Sebuah fakta mengejutkan datang dari NASA, yang sebelumnya meneliti kualitas udara dalam rumah. Ternyata, begitu banyak polutan yang justru berada di dalam rumah. Menurut fakta, polutan dalam rumah adalah penyumbang terbesar ke-5 untuk risiko kesehatan terburuk.

Kabar mengagetkan ini tentu membuat kita resah. Begitu banyak polutan yang bisa kita temui di dalam rumah. Formalin, misalnya. Dia terdapat di karpet, cat tembok, lem, dan taplak meja. Belum lagi benzena, yang juga terdapat di plastik, pestisida, dan karet.

Masih banyak lagi, contoh polutan yang justru tidak kita sadari. Kalau dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kesehatan kita jadi terganggu. Lalu, apa solusinya? Lagi-lagi, tanaman hias ada saja manfaatnya. Termasuk, dalam membasmi polutan dalam rumah.

Kira-kira, apa aja ya, tanaman hias yang berguna jika ditanam di dalam ruangan? Langsung simak aja yuk!

1. Bromelia

Bromelia
Bromelia via nationalgeographic.co.id
Namanya yang cukup unik di telinga kita, ternyata mempunyai kemampuan menyerap polusi udara. Jenis polusi yang bisa dibasmi adalah benzena. Polusi yang biasa muncul dari asap rokok dan asap kendaraan. Polusi ini bersifat beracun dan bisa mematikan.

Sepintas, tanaman bromelia tampak seperti nanas. Ya, karena tanaman ini termasuk dalam suku nanas-nanasan. Warnanya yang cerah, tentu juga mampu menaikkan mood kamu jadi lebih baik. Kalau begitu, manfaatnya dobel. Mood jadi baik, udara juga bersih~

2. Lili Paris

Lili Paris
Lili paris via nationalgeographic.co.id
Seperti yang kita tahu, dalam artikel “Cara Merawat Tanaman Hias” juga dijelaskan, kalau memindahkan tanaman dengan cepat dan sering, bisa mengganggu pertumbuhan atau bahkan merusak tanaman. Tetapi, tidak untuk lili paris yang satu ini.

Tanaman ini bisa dipindah kapanpun dan dimanapun, karena mampu beradaptasi dengan cepat di berbagai kondisi iklim. Dan yang terpenting, lili paris bermanfaat untuk menyerap polusi udara etilbenzena yang berasal dari cat, tinta, karet, lem dll.

3. Jade

Jade
Jade via nationalgeographic.co.id
Kita sebelumnya mengenal tanaman jade sebagai tanaman yang mendatangkan keberuntungan. Tidak sedikit pula yang menyebutnya tanaman pembawa rejeki atau juga tanaman yang mampu mempererat persaudaraan antarmanusia. Apapun itu, yang jelas kamu perlu tahu.

Kalau tanaman jade, ternyata punya manfaat menyerap polusi udara dalam ruangan. Tanaman ini mampu menyerap dengan baik polusi udara yang berasal dari cat atau thinner. Kalau kamu berminat merawatnya, jangan khawatir, perawatannya sangatlah mudah.

4. Dracanea

Dracanea
Dracanea via nationalgeographic.co.id
Kalau kamu perempuan, tentu sering ke salon, bukan? Nah, pernahkah kamu melihat tanaman dengan bentuk dan warna seperti gambar di atas? Kalau pernah, itu adalah tanaman dracanea. Ternyata, banyak yang belum tahu kenapa tanaman itu ada di tempat salon.

Alasannya adalah, dracanea mampu menyerap polusi yang berasal dari cat yang menyengat. Batang dan daunnya yang mengkilap, membuat tanaman ini mampu menyerap polusi udara lebih banyak dibanding tanaman hias lainnya. Wah, ternyata bermanfaat, ya~

5. Kaktus Opuntia

Kaktus Opuntia
Kaktus via glitzmedia.co
Sering kita bernostalgia mendengarkan cerita soal padang pasir, teringatlah pada sosok tanaman berduri. Tanaman dengan daya tahan paling oke meski tanpa asupan air sekalipun. Perawatannya juga mudah, asal ditempatkan di dekat jendela dan disemprot (bukan disiram) air secukupnya.

Fakta yang jarang kita dengar, kalau kaktus ternyata mampu menyerap polusi udara yang berbahaya bagi tubuh kita. Banyak polusi yang bisa dibasmi, misalkan benzena, etilbenzena, aseton, toluena, dan polusi lain yang jika saya sebutkan lagi, kamu bakalan pusing.

6. Sanseviera

Sanseviera
Sanseviera via glitzmedia.co
Sama seperti kaktus, kalau senseviera bisa bertahan meski tanpa asupan air yang rutin. Daunnya keras, panjang dan tegak, serta ujung yang meruncing. Kamu akan melihat tanaman satu ini tetap segar, karena tekstur dan warna yang selalu menyegarkan.

Tanaman ini mampu menyerap banyak polutan. Sebut saja formalin, benzena, dan xylene. Di Jepang, tanaman ini telah diteliti, dan dinyatakan mampu menghilangkan bau di sekitar ruangan. Di Indonesia sendiri, tanaman ini dihargai dengan banderol yang lumayan mahal.

7. Bambu

Bambu
Bambu via glitzmedia.co
Mendengar kata bambu, kita jadi teringat masa perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Tanaman yang dulu dijadikan senjata para leluhur kita ini, menyimpan segudang manfaat bagi manusia. Salah satunya, mampu menyerap polutan berbahaya di dalam rumah kita.

Bambu menyerap banyak polutan seperti karbon monoksida, benzena, formalin, dan tricholoethylene. Perawatannya pun terbilang mudah. Cukup ditempatkan di ruangan tanpa terkena cahaya matahari langsung. Lalu, disemprot rutin dan dipangkas bagian yang sudah mati.

Wah, ternyata banyak juga ya, tanaman hias dalam ruangan yang bisa kita manfaatkan. Udara jadi lebih bersih, kesehatan jadi terjaga, dan pikiran jadi lebih fresh. Kalau begitu, cita-cita menjadi keluarga bahagia selamanya bakal tercapai nih! Semoga aja, ya~
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: