Beragam manfaat tanaman hias ternyata juga telah diteliti oleh universitas ternama di dunia. Hal ini tentu saja membuat kita semakin peduli untuk merawatnya.
Manfaat Tanaman Hias Menurut Riset Universitas Ternama di Dunia
Manfaat tanaman hias via sunset.com

TANAMAN HIAS  : Selama ini, mungkin kita berpendapat kalau tanaman hias bermanfaat untuk dekorasi rumah saja. Tapi, ternyata lebih dari itu. Tanaman hias punya banyak manfaat selain dekorasi rumah semata.

Manfaatnya pun bisa kita rasakan dari berbagai hal. Namun, banyak penelitian yang justru mengarah ke bidang kesehatan. Termasuk beberapa universitas ternama di dunia juga ikut melakukannya.

Nah, berikut ini sudah Gohias rangkum, beberapa manfaat dari tanaman hias yang telah diteliti sebelumnya. Kira-kira, fakta ilmiah apa aja ya, yang bisa kita dapatkan dari hobi merawat tanaman hias? Cek yuk!

1. Selain bikin mata berbinar akan keindahannya, tanaman hias bantu lancarkan pernapasan

Manfaat Tanaman Hias untuk Melancarkan Pernapasan
Manfaat tanaman hias untuk melancarkan pernapasan via wikihow.com
Seperti yang kita tahu, tanaman menyerap karbon dioksida di pagi, siang, dan sore hari. Ketika itu, mereka menyumbangkan oksigen di sekitarnya. Nggak heran, jika disaat terik matahari kita berdekatan dengan pepohonan, rasanya sungguh sejuk.

Sedangkan untuk malam hari, tidak disarankan untuk tidur di dekat tanaman. Karena di malam hari, tanaman pun butuh oksigen untuk proses pertumbuhan. Kecuali untuk tanaman anggrek, karena di malam hari mereka tetap memberikan oksigen.

2. Walau hanya berdiam diri, tanaman hias bantu cegah penyakit yang membuat kita jadi terlindungi

Manfaat Tanaman Hias untuk Mencegah Penyakit
Manfaat tanaman hias untuk mencegah penyakit via piedmont.org
Sebuah studi di Universitas Pertanian Norwegia mengungkapkan, tanaman hias ternyata juga mampu mencegah penyakit ringan. Proses pencegahan ini berawal dari uap air yang dikeluarkan oleh tanaman. Sebanyak 10% uap air telah disumbangkan di atmosfer.

Kalau diletakkan dalam ruang, tanaman hias membantu mencegah penyakit ringan. Seperti misalkan, batuk berdahak, kulit kering, sakit tenggorokan, dan flu. Khusus untuk flu, ada lagi nih manfaat dari tanaman hias. Yakni, mencegah penularan flu.

3. Nggak seperti ulah manusia yang gemar mengotori udara, tanaman hias justru berbuat sebaliknya

Manfaat Tanaman Hias untuk Membersihkan Udara
Manfaat tanaman hias untuk membersihkan udara via houseplantsexpert.com
Kali ini penelitian tidak datang dari universitas ternama, tapi dari NASA. Yakni lembaga pemerintahan Amerika Serikat yang terjun di bidang penelitian luar angkasa. Ceritanya, tiap kali membawa wisatawan luar angkasa, NASA selalu menempatkan tanaman hias dalam ruang.

Mereka sudah meneliti sebelumnya. Jika tanaman hias mampu menyuplai oksigen ke tubuh manusia. Serta mampu membersihkan udara sekitarnya. Contoh tanaman hias yang punya kemampuan membersihkan udara paling banyak adalah Bunga Krisan, Lidah Mertua, Palem Bambu, dan Bunga Lili.

NASA merekomendasikan, setiap ruang kosong 100 meter persegi sebaiknya diberi satu tanaman hias.

4. Tak hanya jago dalam memikat hati, tanaman hias juga bisa tingkatkan penyembuhan penyakit

Manfaat Tanaman Hias untuk Menyembuhkan Penyakit
Manfaat tanaman hias untuk menyembuhkan penyakit via gardeningknowhow.com
Mungkin terdengar klise jika saat menjenguk kerabat di rumah sakit, kita bawakan buah-buahan. Tapi, bagaimana jika sambil membawa tanaman hias? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kansas Amerika Serikat, tanaman hias sangat bagus untuk membantu psikologis pasien.

Tanaman hias bisa mengurangi rasa cemas, kelelahan, dan meringankan beban pikiran yang dialami oleh pasien. Penelitian lain, yang dilakukan oleh Texas A & M, sangat direkomendasikan untuk menyuruh pasien ikut merawat tanaman hias tersebut di dalam ruang pasien.

Hal tersebut dinamakan terapi holtikultura. Penelitian ini sudah terbukti dan berhasil memulihkan pasien lebih cepat dari waktu yang ditentukan oleh dokter.

5. Nggak hanya soal kesehatan, ternyata tanaman hias jago tingkatkan produktivitas seseorang

Manfaat Tanaman Hias untuk Produktivitas Kerja
Manfaat tanaman hias untuk produktivitas kerja via huffpost.com
Tanaman hias ternyata ikut membantu seseorang meningkatkan konsentrasi pikiran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan, seseorang yang belajar atau bekerja dengan didampingi tanaman hias, akan meningkatkan retensi memori hingga 20%.

Studi lain, dari Universitas Norwegia, tanaman hias yang diletakkan di meja kantor akan memengaruhi pekerja untuk lebih produktif dari sebelumnya. Menurut studi tersebut, pekerjaan yang dilakukan di bawah pengaruh alam akan lebih bagus dibandingkan tanpa pengaruh alam.

TANAMAN HIAS  : Nah, itulah tadi sederet manfaat tanaman hias menurut penelitian dari universitas ternama di dunia. Semoga negara kita, Indonesia, juga kerap melakukan penelitian di bidang ini. Sehingga, tanaman hias pun tak sekadar hobi, tapi bisa jadi komoditi yang menjanjikan.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: