Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis tanaman hias yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Kamu wajib mengenali satu per satu jenisnya, sebelum mulai merawatnya.
Jenis Tanaman Hias
Jenis tanaman hias via piedmont.org
Setelah asyik menyimak gambar tanaman hias yang begitu indah nan anggun, kini saatnya kamu ingin segera memilikinya –walau hanya satu jenis. Tetapi, alangkah baiknya kalau kamu paham betul tentang apa itu tanaman hias. Serta bagaimana cara budidaya tanaman hias yang benar.

Kalau kamu sudah paham, sekarang tinggal mengenali satu per satu jenis tanaman hias. Menurut Wikipedia, tanaman hias dikategorikan sesuai fungsinya. Apakah tanaman tersebut akan digunakan untuk komponen taman, penghias ruang, kebun rumah, atau sebagai karangan bunga.

Nah, artikel ini bakalan mengulas satu per satu jenis tanaman hias tersebut. Gohias akan menjelaskan masing-masing jenisnya, disertai fungsinya untuk apa. Yuk, langsung simak aja!

1. Tanaman hias bunga

Tanaman Hias Bunga
Tanaman hias bunga via pinterest.com
Jenis tanaman yang satu ini punya ciri khas keindahan pada bunganya. Selain indah dipandang, sebagian tanaman memiliki aroma bunga yang memikat. Aroma yang berpadu dengan indahnya tanaman bunga, membuat psikologi otak kita meningkat seiring waktu.

Sudah banyak penelitian tentang tanaman hias bunga ini. Salah satu penelitian menyebutkan, tanaman hias bunga mampu memperbaiki kondisi psikologis orang yang sedang terjangkit penyakit. Membawa tanaman hias saat menjenguk kerabat di rumah sakit, jadi rekomendasinya.

 2. Tanaman hias buah

Tanaman Hias Buah
Tanaman hias buah via rimanews.com
Jenis tanaman ini sangat cocok buat kamu yang ingin keuntungan berlebih. Selain indah dipandang dan aromanya yang memikat, tanaman hias buah pun mampu menghasilkan buah yang sehat untuk dikonsumsi. Kamu pun bisa menjual buah-buah hasil panen ini dengan harga tinggi.

Tanaman hias buah sangat populer di Indonesia. Banyak petani buah yang mengambil keuntungan berlebih dari bisnis budidaya tanaman hias buah. Kalau kamu tertarik mencoba, tak ada salahnya. Sebagai informasi, salah satu tanaman hias buah paling menjanjikan adalah Durian Musang King.

 3. Tanaman hias daun

Tanaman Hias Daun
Tanaman hias daun via pixabay.com
Satu lagi jenis tanaman hias berdasarkan komponen tanaman. Kali ini, yang mencolok adalah bagian daunnya. Daun dari tanaman hias yang satu ini punya corak unik, lucu, dan juga menarik. Tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia berlomba-lomba mengoleksinya.

Beberapa contoh tanaman hias daun yang paling populer adalah aglaonema, kuping gajah, keladi red star, suplir, dan masih banyak lagi. Perawatan tanaman hias daun juga terbilang mudah. Tanaman hias yang satu ini juga tidak perlu penjagaan lebih seperti jenis bunga ataupun buah.

 4. Tanaman hias indoor

Tanaman Hias Indoor
Tanaman hias indoor via balconygardenweb.com
Ada karakteristik tersendiri untuk jenis tanaman hias indoor. Pertama, tanaman ini biasanya tahan terhadap kondisi kering dalam waktu yang lama. Kedua, memiliki kemampuan menyerap udara dan membersihkannya. Sehingga, seluruh ruang menjadi lebih sejuk dan punya udara yang sehat.

Beberapa hal penting pun wajib diperhatikan sebelum merawat tanaman hias indoor. Memastikan bahwa suhu ruang sesuai dengan iklim tanaman adalah wajib hukumnya. Kemudian, tidak kalah penting untuk memberi sedikit ruang agar tanaman tetap bisa menyerap sinar matahari.

 5. Tanaman hias outdoor

Tanaman Hias Outdoor
Tanaman hias outdoor via thetreecenter.com
Karakteristik tanaman hias outdoor adalah tahan panas. Memilih tanaman untuk ditempatkan di luar rumah pun menjadi langkah yang wajib diperhatikan betul. Tidak boleh sembarangan menempatkan tanaman hias di luar ruang, karena ditakutkan tanaman tersebut tidak tahan terhadap cuaca panas.

Jenis tanaman hias paling direkomendasikan untuk dirawat di luar ruang adalah tanaman perdu. Tanaman ini punya ciri khas dengan tinggi tak lebih dari 600 cm. Atau, jika tidak ingin tanaman yang terlalu ramai, bisa memanfaatkan tanaman bonsai yang terlihat lebih simpel.

6. Tanaman hias gantung

Tanaman Hias Gantung
Tanaman hias gantung via balconygardenweb.com
Jenis tanaman hias yang satu ini sangat cocok buat kamu yang tidak punya lahan luas. Dengan hanya menggantungkannya di dinding, plafond teras, atau kolom rumah, kamu tetap bisa merasakan keindahan, keharuman, dan udara bersih dari tanaman hias yang kamu rawat.

Beberapa tanaman hias gantung yang paling direkomendasikan untuk kamu miliki adalah lantana, lobelia, geranium, portulaca, dan begonia. Sangat bagus jika tanaman punya warna yang cerah. Membuat rumah kamu jadi lebih sejuk, asri, dan selalu bikin betah.

 7. Tanaman hias merambat

Tanaman Hias Merambat
Tanaman hias merambat via balconygardenweb.com
Batang dari tanaman yang satu ini selalu mencari dan mencari tiap jengkal untuk dihidupi. Tidak heran, jika batang tanaman ini selalu merambat di atas tanah. Hal ini karena sifat percabangan yang dimiliki oleh tanaman merambat, memungkinkan dirinya selalu menjalar di media di dekatnya.

Tanaman jenis ini sangat cocok ditempatkan di dinding taman belakang. Membuat suasana taman belakang menjadi lebih asri dari sebelumnya. Selain taman belakang, pagar depan dan kanopi garasi pun sangat bagus jika diberi aksen tanaman hias merambat.


Nah, itu dia jenis-jenis tanaman hias yang wajib kamu tahu, sebelum memutuskan untuk membeli dan mulai merawatnya di rumah. Semoga bisa menambah inspirasi kamu, ya~
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: