Mengenali pengertian dan macam-macam tanaman hias beserta manfaatnya ialah langkah awal yang wajib kamu lakukan. Demi hobi yang menyenangkan.
Pengertian Tanaman Hias, Macam-macam Tanaman Hias
Pengertian dan macam-macam tanaman hias beserta manfaatnya via houseplantsexpert.com

TANAMAN HIAS  :Awal mula kamu menyukai tanaman hias, mungkin pernah melihat-lihat sederet gambar tanaman hias yang cantik dan anggun. Kamu jadi ingin merawatnya, baik untuk jenis tanaman hias bunga, tanaman hias daun, maupun tanaman hias buah.

Atau, kamu sudah membaca sederet manfaat tanaman hias yang membuat kamu terdorong segera membeli. Dengan begitu, awalnya ingin merawat saja, eh keterusan jadi ingin menjalankan budidaya tanaman hias yang dikenal menjanjikan.

Apapun tujuan kamu dalam merawat tanaman, sebaiknya kamu pahami betul apa itu tanaman hias dan apa saja macam-macamnya. Artikel ini bakal mengulas lebih dalam mengenai apa yang kamu tanyakan itu. Dengan lugas, jelas, dan informatif.

Kira-kira, apakah sama pengertian tanaman hias versi Gohias dengan pemahamanmu selama ini? Dan seberapa lengkap wawasan kamu tentang macam-macam tanaman hias? Yuk, langsung saja kita simak rangkumannya berikut ini.




Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Ahli tanaman hias, atau yang lebih pantas disebut ahli segala ilmu, Wikipedia. Menurutnya, tanaman hias adalah tanaman segala jenis baik itu tanaman semak, tanaman merambat, tanaman perdu, tanaman terna, atau pohon besar.

Dengan catatan, tanaman tersebut sengaja ditanaman manusia untuk kebutuhan tertentu. Contohnya, sebagai komponen penghias taman, mengisi kebun rumah, hiasan upacaara, karangan bunga, dan bahkan penghias atribut upacara adat.

Dari sini kita tahu, bahwa tanaman hias dibagi berdasarkan fungsinya. Apapun jenis tanaman tersebut tidaklah terlalu dipedulikan. Asal punya sisi fungsional yang baik, bisa untuk hiasan, maka bisa disebut sebagai tanaman hias.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli
Pengertian tanaman hias menurut para ahli via sunset.com
Lalu, bagian apa saja yang dimanfaatkan? Mungkin kamu mengira, kalau hanya bunga yang bisa dimanfaatkan untuk hiasan. Ternyata tidak hanya bunga, tetapi bagian lain seperti daun, buah, batang, hingga pepagan pun bisa dimanfaatkan.

Contohnya lagi, tanaman hias tak melulu soal bunga, dibuktikan oleh akar wangi yang identik mampu menghasilkan aroma segar dan wangi. Tanaman ini bisa ditempatkan di pojok ruang sebagai pengharum. Nah, akar wangi ini bisa disebut tanaman hias.

Tidak melulu ditempatkan di dalam rumah, tanaman hias pun bisa diaplikasikan ke tempat lain. Dalam cakupan yang lebih luas, yakni arsitektur lansekap, tanaman hias mampu mengubah taman kota menjadi lebih sejuk, indah, dan penuh warna.

Nah, kesimpulannya, karena tanaman hias dibagi menurut fungsinya, maka segala jenis tanaman bisa dikatakan sebagai tanaman hias. Asal, punya karakteristik pada bentuk bunga, daun, batang, hingga aroma yang dihasilkan. Paham, kan?

Macam-macam Tanaman Hias

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman ini punya karakteristik keindahan pada sisi bunga yang dimiliki. Memiliki beragam bentuk, ukuran, warna, dan keharuman. Sebagai contoh, ada bunga mawar yang punya warna dan bentuk yang cantik dan anggun.

 2. Tanaman Hias Buah

Selain memproduksi banyak buah, tanaman ini juga punya keindahan tersendiri. Apalagi saat buah belum dipetik, terkadang mampu memberi sugesti positif saat kita melihatnya. Contohnya, ada buah naga yang punya bentuk dan warna unik.

 3. Tanaman Hias Daun

Daunnya yang bercorak indah, membuat tanaman ini digemari. Selain corak, warnanya juga beragam. Keharuman yang dihasilkan pun tak kalah memikat dari tanaman hias bunga. Contohnya, ada lili paris dan adam eva, biasa ditempatkan di ruang kerja.

 4. Tanaman Hias Batang

Keindahan tak melulu dipancarkan lewat daun, bunga, atau buah. Tetapi juga batang, dengan bentuknya yang unik bisa memikat siapapun yang melihatnya. Sebagai contoh, pohon bonsai dan adenium punya bentuk batang yang unik.

5. Tanaman Hias Duri

Kalau saja kamu ingin variasi yang lain, bisa mencoba merawat tanaman hias duri. Duri yang biasa dihindari justru menjadi daya tarik tersendiri. Contohnya, ada tanaman kaktus yang bisa kamu rawat dan tempatkan di meja kerja.

Manfaat Tanaman Hias untuk Banyak Bidang

1. Bidang Ekonomi

Dari segi ekonomi, tanaman hias sudah tak perlu diragukan lagi. Tanaman hias bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membuka bisnis budidaya tanaman hias. Teruntuk tanaman langka, menyumbang nilai ekonomi yang sangat besar.

2. Bidang Pendidikan

Karena tanaman hias juga masuk dalam lingkup Biologi, maka peserta didik bisa memanfaatkannya sebagai bahan eksplorasi. Mampu meningkatkan kecintaan peserta didik pada pelajaran Sains. Juga, tanaman hias bisa mengembangkan kreativitas, lho.

3. Bidang Kesehatan & Lingkungan

Salah satu dampak besar yang bisa kita rasakan saat merawat tanaman hias, ialah pikiran jadi lebih rileks dan santai. Kemudian, udara sekitar juga menjadi lebih bersih dan baik untuk pernapasan. Untuk jenis tertentu, bisa digunakan sebagai obat herbal.

4. Bidang Seni & Sosial-Budaya

Dengan merawat tanaman hias, tampilan teras rumah kamu akan berubah jadi lebih asri. Kamu juga bisa memanfaatkan untuk parsel atau hadiah ulang tahun kerabat. Di upacara adat pun, tanaman hias juga kerap kali dimanfaatkan.

Buat kamu yang tertarik ingin tahu lebih jauh tentang manfaat tanaman hias, bisa menyimak artikel Gohias bertajuk "Manfaat Tanaman Hias Menurut Riset Universitas Dunia".

TANAMAN HIAS  Nah, bagaimana perasaan kamu sekarang? Sudah terjawab kan, pertanyaan kamu soal pengertian, manfaat, serta macam-macam tanaman hias? Semoga bisa melengkapi kebutuhan informasi kamu, ya~
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: