Semua hal yang wajib kamu ketahui tentang tanaman hias adenium. Tanaman asli Afrika dengan segudang manfaat dan keunikan yang dimiliki.
Tanaman Hias Adenium
Tanaman hias adenium via adeniumlove.wordpress.com

TANAMAN HIAS  : Sekilas, tanaman ini mirip dengan kamboja. Tak heran jika dulu, masyarakat awam menyebut adenium sebagai kamboja jepang. Sebenarnya, istilah ini tidak dibenarkan. Sebab adenium bukanlah jenis kamboja, dan bukan pula berasal dari Jepang.

Adenium memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan air dengan baik. Menggambarkan ciri khas tanaman dari gurun pasir yang panas dan kering. Tanaman ini menyimpan cadangan air di pangkal batang yang didapatkan dari embun pagi.

Kuntum bunga adenium yang indah saat bermekaran, membuat siapapun yang melihatnya tersegarkan pikirannya. Mengingatkan kita pada keindahan bunga mawar. Sehingga, tidak heran jika banyak sekali peminat tanaman hias adenium ini.

Nah, buat kamu yang juga ingin mengenal lebih jauh, kini kamu berada di tempat yang tepat. Gohias bakal mengupas tuntas semua hal yang wajib kamu ketahui soal tanaman hias adenium. Kira-kira, apa aja ya? Cek yuk!

1. Popularitas Tanaman Hias Adenium di Indonesia

Awal mula tanaman ini ada di Indonesia tidak diketahui secara pasti. Namun yang jelas, tanaman ini mulai booming pada akhir tahun 90an. Saat itu, adenium yang dikenal memiliki warna bunga merah dengan kelopaknya berwarna pink.

Namun, setelah ada beberapa hobiis yang mengembangkan varietas adenium, membuat masyarakat semakin menggandrungi. Ternyata, adenium tak hanya berbunga dengan warna merah saja. Melainkan banyak bentuk dan warna yang variatif.

Sejak kejadian itu, trend tanaman hias adenium di Indonesia sedang ada di puncak popularitas. Banyak yang memanfaatkan trend ini, dengan mengubah adenium tak hanya sebagai tanaman hias saja. Tetapi juga pengisi parsel di hari raya keagamaan.

2. Jenis Tanaman Hias Adenium

Di Indonesia sendiri, sudah banyak varietas dari tanaman ini yang beredar di pasaran. Banyak pula yang menawarkan dengan harga menjulang. Bibitnya saja dihargai minimal 160 ribu rupiah. Bukan harga yang murah untuk sejenis bibit tanaman.

Secara umum, adenium terbagi menjadi dua jenis, yakni adnium spesies alam dan adenium hibrida. Adenium spesies alam ialah jenis adenium yang hidup dan berkembang biak secara alami tanpa ada unsur campur tangan manusia.

Sedangkan adenium hibrida ialah jenis adenium yang sudah dimodifikasi oleh manusia dari hasil penyilangan antara spesies satu dengan spesies lainnya. Tanaman ini pun sudah banyak beredar dengan harga yang tinggi pula.

3. Bentuk Tanaman Hias Adenium

Ciri khas dari adenium ialah bonggol yang terletak di pangkal batang. Fungsi dari bonggol ini adalah untuk menyimpan cadangan air. Air ini didapatkan air dari empun pagi, kemudian disimpan sebagai cadangan untuk bertahan hidup.

Tinggi tanaman hias adenium pun bervariasi. Ada yang mencapai ketinggia 3 meter, ada pula yang tingginya hanya 1 meter alias berbentuk semak. Tinggi dari pohon ini tidak memengaruhi fungsi dari tanaman hias adenium.

4. Daun Tanaman Hias Adenium

Sama seperti bentuknya, daun tanaman hias adenium punya variasi yang begitu banyak. Ada yang berbentuk oval dengan ujung yang membulat, ada pula yang berbentuk memanjang dengan volume lebih ramping. Bentuk ini dinamakan bentuk daun lanset.

Kemudian untuk ketebalannya, adenium kebanyakan punya daun yang tipis. Namun ada pula sedikit spesies yang punya daun tebal seperti daun cocor bebek. Sedangkan untuk warna biasanya hijau pupus, kemerah-merahan, hijau tua, dan kuning.

5. Bunga Tanaman Hias Adenium

Yang paling menarik adalah bunga dari adenium ini. Di seluruh dunia, jika ditotal ada lebih dari seratus jenis bunga adenium. Menggambarkan betapa beragamnya keindahan bunga yang dimiliki oleh tanaman satu ini.

Bentuk bunganya menyerupai terompat, sedangkan mahkota adenium lebih banyak variasinya. Mulai dari yang berbentuk membulat, bintang, hingga bergerigi. Uniknya, bunga adenium tidak memiliki bau wangi.

6. Fungsi Tanaman Hias Adenium

Jelas tidak perlu dijelaskan lebih dalam mengenai fungsi tanaman ini. Tidak lain dan tidak bukan, sebagai penghias hari-hari siapapun yang melihatnya. Bunga dari tanaman ini adalah bagian terindah yang bisa kamu nikmati coraknya.

Seolah-olah tanaman ini diciptakan hanya untuk berbunga. Karena, jumlah bunga adenium sangatlah banyak. Pada satu batang adenium 50 cm, bisa menghasilkan 50 kuntum bunga. Menariknya, ke-50 kuntum ini mekar bersamaan.

7. Harga Tanaman Hias Adenium

Tanaman ini didaulat sebagai tanaman hias, yang tentu saja sudah pasti memiliki nilai ekonomis. Begitu pula dengan adenium, yang sudah disejajarkan bersama bonsai sebagai tanaman langka yang diburu para hobiis.

TANAMAN HIAS  : Sebagai informasi, harga tanaman hias adenium mencapai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Harga yang paling murah, biasanya untuk satu batang adenium yang akan diubah menjadi hiasan parcel. Seperti yang sudah disampaikan di awal, parcel hari raya keagamaan.

Usai sudah perbincangan kita pada bahasan kali ini. Setelah membaca penjelasan di atas, bagaimana perasaanmu sekarang? Apakah pemaparannya sudah jelas? Jika ada hal yang kurang jelas, atau kamu tidak setuju, silakan sampaikan di kolom komentar, ya~
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: